Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKNT Purworejo Mengadakan Sosialisasi Pentingnya Cuci Tangan di Masa Pandemi Covid-19

Diperbarui: 25 Februari 2022   11:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosialisasi cuci tangan di SD Tegalkuning, Banyuurip, Purworejo (Dokpri)

Seringkali kita diingatkan untuk mencuci tangan ini dia alasannya, Virus Covid-19 (SARS-CoV-2) bisa berada di mana saja, menempel di benda-benda yang ada di sekitar kita. Cara yang paling efektif untuk mencegah penularan virus tersebut adalah salah satunya dengan sering mencuci tangan pakai sabun. Membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir ini penting dilakukan. Ini yang akan jadi kunci untuk membunuh, merusak, dan mematikan virus yang mencemari tangan kita.

Sebenarnya tidak hanya untuk mencegah penularan virus COVID-19 akan tetapi cuci tangan bisa mencegah kita tertular dari berbagai penyakit menular seperti batuk, pilek, diare, gatal-gatal, sakit mata dan tipes. Di telapak tangan terdapat 39000 hingga 460.000 kuman, kuman ini bisa berkembang sampai dua kali lipat dalam hitungan menit dan kuman tersebut bisa bertahan hidup hungga tiga jam di telapak tangan.

Biasa mencuci tangan pada saat sebelum makan dan sesudah makan, sesudah buang air besar maupun kecil, sesudah batuk atau bersin, setelah memegang sampah, setelah memegang uang, setelah memegang hewan atau sesudah membersihkan kotoran hewan. Mencuci tangan harus menggunakan sabun tak hanya bagian telapak tangan tapi sabun itu harus menjangkau punggung tangan, sela-sela jari bagian dekat kuku sampai ke pergelangan tangan, Karena sabun bisa membantu menghilangkan dan membunuh kuman penyakit dan berbagai kotoran dari kulit.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline