Lihat ke Halaman Asli

Peluang dan Tantangan Financial Technology dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Syariah

Diperbarui: 17 Agustus 2024   09:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Financial teknologi adalah sosok tranformasi penting dalam industri keuangan yang berkembang pesat didorong oleh konsep ekonomi, hukum yang menguntungkan, dan teknologi informasi. Latar belakang penulisan artikel ini berangkat dari maraknya perkembangan teknologi industri di dunia yang semakin merambah ke seluruh penjuru kehidupan terutama dalam kegiatan perekonomian, dan salah satunya adalah teknologi fintech, sejalan dengan hal tersebut penulis tertarik mengetahui peluang dan tantangan apa yang akan dihadapi ketika menerapkan teknologi ini sebagai salah satu alternatif dalam mengembangkan ekonomi Islam, sehingga menyebar luas ke seluruh lapisan masyarakat dan seluruh pelosok dunia.

 Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja peluang dan tantangan yang akan dihadapi dalam penerapan financial technology sebagai alternatif yang turut serta mendorong pertumbuhan dan perkembangan ekonomi syariah. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan atau dalam bahasa Inggris disebut dengan library research. Penelitian ini menggunakan buku, jurnal, artikel, dan sumber lain yang relevan sebagai acuan. Fintech mewakili ekosistem bagian baru dalam kemitraan keuangan yang dapat menyediakan layanan keuangan kelas tinggi plus berpenghasilan rendah dan menciptakan dunia keuangan yang lebih beragam dan stabil.

Financial technology (fintech) telah menjadi kekuatan pendorong utama dalam transformasi sektor keuangan global. Dengan berbagai inovasi yang ditawarkannya, fintech dapat meningkatkan efisiensi, aksesibilitas, dan inklusi dalam sektor keuangan. Di tengah perkembangan ini, ekonomi syariah juga mengalami pertumbuhan signifikan, terutama di negara-negara dengan populasi Muslim yang besar. misalkan di Indonesia financial teknologi telah berkembang pesat dan telah menjadi pendorong perekonomian warga negara Indonesia.

Kesimpulanya Fintech menawarkan berbagai peluang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi syariah melalui peningkatan aksesibilitas, inovasi produk, transparansi, dan kemudahan transaksi. Namun, tantangan seperti regulasi, keamanan data, edukasi pasar, dan integrasi sistem harus diatasi agar potensi fintech dalam ekonomi syariah dapat direalisasikan secara maksimal. Kerja sama antara regulator, penyedia fintech, dan lembaga keuangan syariah menjadi kunci dalam menghadapi tantangan ini dan memanfaatkan peluang yang ada.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline