Lihat ke Halaman Asli

Muhammad ArifAfandi

Universitas Muhammadiyah Malang

Edukasi Tentang Pentingnya Kesehatan dan Kebersihan Lingkungan Serta Pengurangan Plastik di SD Islam Darul Fahri

Diperbarui: 29 Februari 2024   19:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PMM UMM KEL 53, GEL 02

Malang, 18 Februari 2024. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang. Kami kelompok 53 gelombang 02 melakukan PMM di SD Islam Darul Fahri, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kegiatan pendamping ini merupakan kegiatan di bawah naungan Direkotorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyatakat (DPPM) Universitas Muhammadiyah Malang. Dosen Pembimbing (DPL) Kami Yaitu, Bapak Iradhat Taqwa Sihidi, S.IP., M.A Anggota Kami Terdiri dari 5 Orang yaitu M. Arif Afandi Tarigan sebagai ketua pelaksana, Livia May Yustianingtyas (Sekretaris), Indhira Nuarrifa (Bendahara), Amelia Berliana Diva L. (Humas), Alaika Rohmatul Akbar (PDD). Kegiatan ini dapat menjadikan pembelajaran berharga bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang.

Kegiatan kami di SD Islam Darul Fahri di mulai dengan mengedukasi betapa pentingnya menjaga Kesehatan dan juga menjaga kebersihan lingkungan di sekolah SD Islam Darul Fahri. Hal yang sangat kami tekan kan dalam edukasi ini adalah pengurangan sampah plastik dalam lingkungan SD Islam Darul Fahri, karena plastik sendiri adalah limbah yang sangat sulit untuk teruari di lingkungan.

            Untuk mendukung program pengurangan limbah plastik di SD Islam Darul Fahri kami mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang melakukan beberapa cara yaitu salah satunya dengan memberikan kertas minyak pada kantin guna mengurangi sampah plastik yang di gunakan untuk membungkus makanan maupun jajan pada kantin serta kami juga menjelaskan pada pihak kantin bertapa buruknya dampak plastik pada lingkungan apabila di gunakan untuk membungkus makan terus menerus.

PMM UMM KEL 53, GEL 02

            Adapun kegiatan yang kami terapkan pada  SD Islam Darul Fahri yaitu dengan membuat program Jum’at Bersih pada setiap hari Jum’at guna menjaga kebersihan lingkungan pada SD Islam Darul Fahri. Serta kami menyerahkan beberapa alat kebersihan dan tong sampah 2 jenis guna mendukung program menjaga kebersihan di SD Islam Darul Fahri.

PMM UMM KEL 53, GEL 02

            Dengan diberikannya kesempatan oleh Kepala Sekolah dan Guru – Guru SD Islam Darul Fahri, kami mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang memaksimalkan kegiatan ini untuk mengajarkan kepada siswa dan siswi SD Islam Darul Fahri tentang pentingnya menjaga Kesehatan serta menjaga kebersihan lingkungan. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini kami berharap siswa dan siswi SD Islam Darul Fahri sangat peduli dengan Kesehatan dan kebersihan lingkungan, dan juga dapat menjadi salah satu sekolah adiwiyata kedepanya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline