Lihat ke Halaman Asli

Globalisasi Budaya

Diperbarui: 30 November 2018   00:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: citizensmedia.eu

Kemajuan teknologi merupakan suatu hal yang terlihat dari perkembangan secara globalisasi. Kemajuan teknologi dan komunikasi pada masa sekarang ini mempermudah setiap orang untuk kehidupannya. Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya. Kemajuan infrastruktur transportasi dan telekomunikasi, termasuk kemunculan telegraf dan Internet, merupakan faktor utama dalam globalisasi yang semakin mendorong saling ketergantungan (interdependensi) aktivitas ekonomi dan budaya.

Globalisasi budaya adalah penyebaran gagasan, makna, dan nilai ke seluruh dunia dengan cara tertentu untuk memperluas dan mempererat hubungan sosial. Proses ini ditandai oleh konsumsi budaya bersama yang dibantu oleh Internet, media budaya masyarakat, dan perjalanan luar negeri. 

Konsumsi budaya bersama turut mendorong pertukaran barang dan kolonisasi yang menyebarkan budaya ke seluruh dunia. Penyebaran budaya memungkinkan seseorang terlibat dalam hubungan sosial lintas negara dan kawasan. 

Penciptaan dan perluasan hubungan sosial seperti ini tidak terlihat di tingkat material. Globalisasi budaya melibatkan pembentukan norma dan pengetahuan bersama yang sesuai dengan identitas budaya mereka, baik individu atau kelompok. Globalisasi budaya terus meningkatkan keterkaitan penduduk dan kebudayaan di dunnia.

Aspek globalisasi budaya yang terlihat jelas adalah percampuran masakan seperti yang terjadi di jaringan restoran cepat saji Amerika Serikat. Gerai makanan dan minuman McDonald's dan Starbucks adalah perusahaan Amerika Serikat yang sering dijadikan contoh globalisasi; masing-masing perusahaan ini memiliki lebih dari 32.000 dan 18.000 gerai di seluruh dunia per tahun 2008. Indeks Big Mac merupakan cara yang tidak biasa untuk mengukur keseimbangan daya beli mata uang dunia.

Iklan regionalisasi

Karena sebagian besar media regional yang dibahas di atas ditopang oleh iklan, penting juga untuk menilai bagaimana iklan sedang diregionalisasi untuk memenuhi prioritas nasional dan regional.

Apa yang dimaksud dengan Regionalisasi

Regionalisasi atau Pusat pertumbuhan merupakan proses penentuan suatu wilayah berdasarkan kriteria kualitas dan kuantitas melalui penggabungan atau penggolongan beberapa wilayah. Perwilayahan juga terdiri atas wilayah formal dan fungsional. Pewilayahan formal dapat ditentukan dari batas-batas di permukaan bumi untuk tujuan tertentu berdasarkan beberapa kriteria seperti administrasi, fisik, sosial, dan ekonomi. Sementara perwilayahan fungsional ditentukan berdasarkan hubungan titik-titik pertumbuhan di suatu wilayah dengan pusat pertumbuhan.

Regionalisasi musik pop

Regionalisasi musik pop Beberapa genre pesan media internasional lebih global daripada yang lain. Menjadi kurang bergantung pada bahasa dan tradisi budaya tertentu, populer, musik adalah salah satu genre seperti itu, yang telah membantunya membantu menciptakan khalayak dan budaya pemuda global. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline