Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Yasin

tenaga pengajar intitusi

Pelatihan Pengemasan dan Distribusi Produk Makanan Berbahan Dasar Lele bagi Kelompok Elok Mekar Sari

Diperbarui: 10 Agustus 2023   10:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Elok Mekar Sari

Pelatihan Pengemasan dan Distribusi Produk Makanan Berbahan Dasar Lele bagi Anggota Kelompok Tani Elok Mekar Sari Semolowaru Surabaya

Budidaya Lele diolah oleh anggota Kelompok Tani "Elok Mekar Sari" menjadi produk olahan inovatif yang bernilai jual tinggi di kemas dalam plastik, toples plastik dan bentuk kemasan lain yang kemudian dipasarkan disekitar Semolowaru dan beberapa daerah di Surabaya.

Beberapa permasalahan yang dihadapi Kelompok Tani "Elok Mekar Sari" adalah Pengemasan dan pendistribusian yaitu kerusakan barang karena tertindih dari kemasan;  kesalahan pengemasan yang dibungkus plastik atau toples yang kurang menarik dan membuat konsumen mengurungkan niat untuk membeli; distribusi produk secara kekeluargaan dengan mulut ke mulut yang memungkin penjualan kurang maksimal dan Sistem pengolahan dan pendistribusian kurang terarah dengan baik

Motode pelatihan secara hands-on bersama komunitas Lele yang ada di Surabaya yang akan mengajarkan cara pengemasan dan pemasaran produk olahan Lele untuk meningkatkan keterampilan masyarakat perkotaan khususnya Kelompok Tani "Elok Mekar Sari" Rukun Warga (RW) 08 dalam membudidayakan dan mengolah produk Lele sampai dengan mendistribusikan produk yang dapat meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat dan memperkuat industri Lele di kota Surabaya sebagai wujud kepedulian tim dalam pengabdian masyarakat dalam meningkatkan ketahanan pangan.

pelatihan yang oleh Tim Dr. Endah Budiarti, MSi., Dr. Capt. Fausta Ari Barata., MM., Dr. Muhammad Yasin, SE., MM.., dan mahasiswa M. Maulana Andriansyah dan Sella Mitha Ardana dalam olahan produk makanan berbahan dasar Lele dapat dilakukan dengan Pelatihan hands-on bersama komunitas Lele yang ada di Surabaya yang akan mengajarkan cara pengemasan dan pemasaran produk olahan Lele.

Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan masyarakat perkotaan khususnya Kelompok Tani "Elok Mekar Sari" Rukun Warga (RW) 08 dalam membudidayakan dan mengolah produk Lele sampai dengan mendistribusikan produk yang dapat meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat dan memperkuat industri Lele di kota Surabaya sebagai wujud kepedulian tim dalam pengabdian masyarakat dalam meningkatkan ketahanan pangan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline