Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Faiz Hibatullah

Mahasiswa UIN SAIZU Purwokerto

Mahasiswa KKN 54 Kelompok 20 UIN Saizu Purwokerto Berkontribusi dalam Usaha Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi di Desa Pringtutul Melalui Google Maps

Diperbarui: 4 Agustus 2024   20:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Media KKN Kelompok 20 UIN Saizu

Pembuatan titik lokasi untuk UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) melalui Google Maps merupakan salah satu program unggulan dari mahasiswa KKN 54 kelompok 20 UIN Saizu Purwokerto. Pembuatan titik lokasi ini selesai dalam waktu tiga hari yaitu pada hari Rabu (31/8/2024), Kamis (1/9/2024) dan Jum'at (2/9/2024) dengan total 27 UMKM di Desa Pringtutul, Kecamatan Rowokele, Kabupaten Kebumen.

Pada saat pembuatan mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai kebutuhan untuk membuat titik lokasi yang sesuai dengan tempat penjualan atau penyedia jasa. Program ini merupakan kelanjutan dari Workshop Digitalisasi yang diadakan pada hari Senin, 29 Juli 2024.

Tujuan dari pembuatan titik lokasi ini adalah untuk memperluas jangkauan pemasaran produk dan mempermudah konsumen menemukan lokasi UMKM tersebut. Masyarakat yang khususnya dari luar desa menjadi tahu jika terdapat cukup banyak UMKM di Desa Pringtutul. Cara ini lebih cepat dibandingkan dengan pemasaran dari mulut ke mulut. Di era digital seperti ini, penting untuk mengikuti perkembangan zaman agar kita dapat terus bertahan dari banyaknya pesaing.

Selain bermanfaat untuk pelaku UMKM, kegiatan ini juga membantu mahasiswa untuk lebih mengenal dunia digital. Tidak hanya untuk kebutuhan pendidikan, tetapi juga untuk kebutuhan sosial dan ekonomi. 

Semoga program ini dapat memberikan kebermanfaatan yang berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup melalui pertumbuhan ekonomi di Desa Pringtutul. Selain itu, dapat memberikan motivasi bagi masyarakat luas untuk ikut terus berkembang mengikuti perkembangan zaman.

Penulis : Nida Awalun Nasya




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline