Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Faiz Hibatullah

Mahasiswa UIN SAIZU Purwokerto

Mahasiswa KKN 54 Kelompok 20 UIN Prof KH Saifuddin Zuhri Purwokerto Adakan Workshop Digitalisasi Marketing untuk Pelaku UMKM di Desa Pringtutul

Diperbarui: 30 Juli 2024   22:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Media KKN Kelompok 20 UIN Saizu

Workshop digitalisasi marketing untuk pelaku UMKM merupakan program unggulan dari kelompok 20 KKN 54 UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. Program ini bertujuan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Desa Pringtutul melalui strategi inovasi pemasaran guna mencapai jangkauan yang lebih luas. UMKM dari Desa Pringtutul cukup bervariasi mencakup dari fashion, kebutuhan domestik, makanan/minuman, serta kerajinan. 

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 29 Juli 2024, dimulai dari pukul 12.30 WIB hingga pukul 15.00 WIB di Balai Desa Pringtutul, Kecamatan Rowokele, Kabupaten Kebumen. Total peserta yang hadir mencapai 48 orang, yang mana sebagian besar pelaku UMKM merupakan ibu rumah tangga.

Program ini menghadirkan Dr. Apik Anitasari Intan Saputri S.H, M.H. yang akrab disapa Bu Apik sebagai pemateri, beliau merupakan dosen dari UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto dan STAIN Al - Hikmah Benda, Sirampog, Brebes. Bu Apik menyampaikan mengenai strategi pemasaran, e - commerce, media sosial, tantangan, manfaat dan masih banyak lagi. Peserta terlihat antusias karena sudah cukup familiar dengan e - commerce seperti Shopee, Lazada, Tokopedia dan Bukalapak sehingga mereka dapat lebih mudah mengerti apa yang disampaikan karena. 

Kegiatan ini tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat, tetapi juga untuk mahasiswa. Mahasiswa yang tidak berasal dari latar belakang program studi ekonomi juga sama mendapatkan ilmu baru. Selain menambah wawasan baru, kegiatan ini memberikan kontribusi positif untuk masyarakat.

Mahasiswa juga diberi kesempatan untuk meningkatkan skill mereka dengan cara membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan di bidang pemasaran atau labelling seperti pembuatan logo, banner atau konten promosi untuk diunggah di media sosial. Dari mahasiswa KKN sendiri juga memberikan logo berbentuk stiker untuk UMKM sriping dan stempel untuk UMKM telur asin sebagai motivasi untuk pelaku UMKM Desa Pringtutul lainnya. 

Selain labelling produk, mahasiswa juga melakukan pendampingan untuk pembuatan titik lokasi melalui google maps. Pembuatan titik lokasi ini bertujuan memudahkan konsumen untuk menemukan rumah produksi dari produk yang dicarinya. Semoga dengan terlaksananya acara ini dapat menjadi awal dari peningkatan pertumbuhan ekonomi Desa Pringtutul dan berjalan secara berkelanjutan, juga dapat meningkatkan motivasi dari masyarakat lainnya baik yang memiliki kemampuan dan sumber daya maupun yang baru akan belajar.

Penulis : Nida Awalun Nasya




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline