Lihat ke Halaman Asli

Cara Ternak Sapi Cepat Gemuk Dan Menguntungkan

Diperbarui: 19 Februari 2024   09:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

source: pixabay.com

Cara ternak sapi cepat gemuk adalah sebuah metode yang terencana dan sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan pada bobot sapi secara optimal dalam waktu singkat. 

Hal ini dilakukan dengan mengoptimalkan berbagai aspek, seperti pemilihan bibit, pemberian pakan, manajemen kandang, kesehatan sapi, dan teknik penggemukan.  

Ternak sapi juga termasuk usaha menguntungkan di indonesia. Saat ini permintaan dan kebutuhan daging sapi cukup tinggi. Selain daging, ada juga sapi perah untuk memproduksi susu. Sebagai hewan ternak, pakan sapi juga perlu diperhatikan. 

Tak hanya rumput saja, peternak juga perlu memerhatikan vitamin dan gizi makanan. Kebutuhan nutrisi penting untuk menghasilkan daging sapi yang berkualitas. Selain itu, peternak perlu memerhatikan kondisi kesehatan pada sapi

Cara penggemukan pada sapi tak hanya pemberian pakan dan vitamin. Jenis rumput raja, rumput australia, rumput Kolonjono, dan setaria. Peternak juga memilih nutrisi seperti protein.

Pemilihan Bibit Sapi

Pemilihan bibit sapi adalah kegiatan budidaya menghasilkan bibit ternak untuk keperluan sendiri atau diperjual belikan. Bibit merupakan ternak yang memiliki yang sifat unggul dan dapat diwariskan serta memenuhi persyaratan untuk dikembangbiakan.

Untuk mendapatkan bibit sapi potong yang berkualitas, perlu dilakukan dengan pengawasan yang mutu bibit dengan standar pemilihan dan penilaian sapi.

Ciri-Ciri Fisik

- Memiliki bentuk tubuh yang proporsional, yaitu mempunyai rangka tubuh yang kokoh dan lebar

- Memiliki tinggi tubuh yang sama antara depan dan belakang serta tubuhnya yang memanjang

- Memiliki dada lebar, dengan mempunyai dada yang lebar akan membuat pertumbuhan daging di daerah dada bisa maksimal

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline