Lihat ke Halaman Asli

Kegiatan Sehari-hari di Pondok Pesantren Al-Barkah Selama Ramadan

Diperbarui: 20 Maret 2024   22:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tebar Hikmah Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

  • Alhamdulilah pada tahun ini saya dapat mengikuti kegiatan romadon di pondok pesantren al-barkah. ada banyak sekali kegiatan yang sangat bermanfaat yang umumnya menjadi kewajiban para santri di pondok pesantren al-barkah, dimulai dari bangun tidur pada pukul 2:45 dilanjutkan dengan sahur  bersama para santri, kemudian dilanjutkan dengan solat subuh berjamaah di pimpin oleh sesepuh pondok pesantren al-barkah. 
  • setelah selesai solat biasanya para asatidz akan memberikan kultum untuk memupuk semangant para santri dalam menuntut ilmu. dilanjut pada jam 6:50 seluruh santri mengikuti kegiatan wajib yaitu balagan kitab tafsir yasinn yang di pimpin oleh sesepuh pondok pesantren al-barkah, kurang lebih sampai jam 10:00. 
  • lalu dilanjutkan dengan pengajian kitab sulamu at-taufiq yang di pimpin oleh KH. AYI SOLEH AZHAR sampai tiba wakti dzuhur. selesainya waktu dzuhur tepatnya jam 13:50 kami melanjutkan kegiantan mengaji kitab kuning sampai tiba solat asar. selesai solat asar kami melanjutkan mengaji muzawad yang di pimpin oleh menantu sesepuh pondok pesantren al-barkah yaitu KH. MUFLIH AL-JAMIL kurnag lebih sampai jam 17:10, dan dilanjutkan  menunggu waktu buka puasa dengan tadarus bersama sampai azan magrib tiba. 
  • setelah melaksanakan solat magrib dan isya, seperti bulan romadon pada umumnya kami melaksanakan solat taraweh berjamaah hinga 23 rokaat disatukan dengan solat witir. sampailah pada agenda terakhir kami yaitu kegiatan mengaji kitab kuning tajridu as-saleh yang di pimpim oleh KH. HASAN SADILI pengansuh sekaligus kepala sekolah MTs al-barkah, sekian agenda kegiatan mengaji bulan romadon di pondok pesantren al-barkah



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline