Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KSM-TUNISMA Gelar Pelatihan Digital Marketing Kepada Pelaku UMKM Desa Ngadirejo Kabupaten Malang

Diperbarui: 22 Maret 2024   23:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Anggota KSM-T UNISMA

Kurangnya pengetahuan dan skill dalam menggunakan layanan digital membuat banyak pelaku UMKM belum bisa memaksimalkan dalam memasarkan produknya, sehingga tidak banyak orang yang tau produk yang dimiliki oleh pelaku UMKM. Hal tersebut mendasari mahasiswa KSM-T UNISMA di Desa Ngadirejo, Kecamatan Jabung, Kabuten Malang mengadakan sosialisasi dan pelatihan digital marketing.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengann menghadirkan pemilik UMKM, karang taruna, dan IPPNU dan menyasar kepada pelaku UMKM kopi dan sambal. Harapanya, produk mereka dapat didistribusikan secara luas dan sehingga dapat menjangkau daerah lain, sehingga produk mereka tidak hanya dikenal disekitar Desa Ngadirejo.

" Kegiatan sosialisasi kami lakukan dengan mejelaskan peluang usaha dalam menggunakan digital marketing dan fungsi pemasaran secara digital, selanjutnya kami mendampingi pemilik UMKM dalam membuat tokoh market pleace shopee," Ucap Khusnul anggota kelompok KSM.

Pembuatan tokoh online kepada pelaku UMKM

Selain memberikan pelatihan, kelompok KSM Ngadirejo juga membuatka desain lebel produk kepada pelaku UMKM sehingga dapat lebih menarik selain itu juga bisa digunakan sebagai  refrensi.

Kurangnya kesadaran Masyarakat akan petingnya digitalisasi terhadap keberlangsungan dan perkembangan UMKM, sehingga masih  menjadi kendala dalam  pelaksanaan kegiatan tersebut. Selain iu kendala lainnya adalah padatnya kegiatan Masyarakat dan masih kurangnya penguasaan masyarakat terhadap internet, sehingga perlu adanya bimbingan lebih lanjut terkait pemanfaatan pemasaran digitalisasi UMKM.

"Dalam melakukan kegiatan ini kami mengalami beberapa kendala, selain padatnya kegiatan masyarakat kendala yang kami alami yakni  beberapa masyarakat masih terkait dengan pada metode pemasaran tradisional. Mereka mungkin tidak mengetahui nilai tambah dari digital marketing atau merasa tidak nyaman dengan perubahan tersebut." Ucap Eriani anggota kelompok KSM.

Anggota KSM-T UNISMA bersama pelaku UMKM

Setelah kegiatan tersebut, kelmpok KSM menyampaikan peluang besar pemasaran melalui digital dan mengikuti perkembangan era digital. Sebab, mau tidak mau dunia digital terus berkembangan secara pesat, dari pesatnya perkembangan digital Masyarakat juga harus mengikuti perkembangan dan berdapatsi di era yang serba digital ini agar tidak tertinggal akan perkembangan teknologi dan daerah lain.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline