Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KSM-T UNISMA Gelar Sosialisasi Dengan Tema " Menggali Potensi Pemasaran Online dan Offline" di Dusun Kampung Anyar Desa Ngadirejo

Diperbarui: 5 Maret 2024   09:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pemaparan materi oleh narasumber (dok. pribadi)


Perkembangan teknologi informasi yang berkembang sangat pesat saat ini berpengaruh bagi masyarakat dalam mendukung berbagai kegiatan bisnis baik besar maupun kecil agar dapat dikenal secara global. Dampak yang paling nyata adalah selain dikenal juga dapat meningkatkan volume penjualan dan profit. Digital Marketing adalah salah satu media pemasaran yang sangat besar memberikan pengaruh. Melalui pemasaran online, pelaku usaha lebih mudah memasarkan produknya dan mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas.

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN UNISMA di Desa Ngadirejo Kec. Jabung Kab. Malang, salah satu permasalahan yang sedang terjadi pada saat ini khususnya bagi UMKM yang ada di Desa Ngadirejo adalah belum banyak orang yang mengetahui hasil pertanian kopi yang sangat melimpah di Desa Ngadirejo.

Dalam kordinasi, Kepala Desa Ngadirejo menekankan pentingnya adaptasi terhadap perubahan zaman dalam menjalankan usaha. "Pemasaran kopi desa Ngadirejo sudah baik namun masih kurang meluas dan kurang dikenal oleh masyarakat terutama masyarakat luar desa Ngadirejo " ujar beliau.

Hal tersebut yang mendasari Mahasiswa KSM Universitas Islam Malang 2024 mengadakan sosialisasi mengalih potensi pemasaran online bagi UMKM di Desa Ngadirejo Kec. Jabung Kab. Malang yang diselenggarakan pada hari Selasa, 27 Februari 2024.

Peserta sosialisasi "menggali potensi pemasaran online dan offline" (dok. pribadi)

Salah satu program kerja yang dilakukan mahasiswa KSM UNISMA di Desa Ngadirejo pada tahun 2024 adalah mengali potensi pemasaran online yang berupaya untuk membantu pelaku UMKM dalam meningkatkan penjualan produknya melalui aplikasi smartphone yang mudah diakses.

Dalam kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh mahasisawa KSM UNISMA ini membahas antara lain pembuatan akun media pemasaran online melalui Shopee, serta strategi-strategi yang dapat digunakan dalam pemasaran produk secara online.

Tujuan, dengan adanya sosialisasi ini, UMKM di Desa Ngadirejo dapat lebih siap dan kompetitif dalam menghadapi tantangan pasar yang semakin berkembang di era digital dan dapat memperluas pemasaran produk-produknya secara global bukan hanya wilayah sekitar desa Ngadirejo saja namun dipasarkan sampai luar desa Ngadirejo bahkan seluruh Indonesia, dengan caranya yakni dengan memanfaatkan market place seperti media sosial shoope.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline