Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Maulana Ansyar

Mahasiswa (UPN “Veteran” Jawa Timur)

Sepak Bola Menyatukan Kita Semua adalah Implementasi Bela Negara

Diperbarui: 20 Desember 2023   00:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Bela Negara adalah kewajiban kita dalam mengupayakan tindakan atau perasaan kita terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal tersebut, merupakan sebuah kewajiban untuk semua negara yang ada di dunia. Negara yang dibangun dalam berbagai tantangan seperti revolusi kemerdekaan dan berperang melawan kolonialisme. Dalam pendekatan implementasi Bela Negara memiliki berbagai cara namun semakin beriringnya waktu cara untuk mengimplementasikan sangat bervariasi dengan mengikuti arus zaman. 

Menurut saya, hal yang diharuskan adalah kita melakukan sebuah implementasi Bela Negara dengan cara yang sportif dan kreatif yaitu mendukung Timnas Indonesia berlaga. 

Timnas Indonesia yang dinaungi oleh PSSI. saat ini Timnas Indonesia sering berlaga dimanapun. seperti Timnas Indonesia yang bermain dalam turnamen ajang olahraga seperti Piala Suzuki AFF, SEA Games, dan Piala AFC. Dalam usia berapapun kita harus dukung dengan kreatif dan sportif. karenalah mereka yang bersusah payah untuk berjuang dengan keras dalam mewakili Indonesia menciptakan prestasi yang hebat dan menumbuhkan potensi - potensi anak bangsa yang lebih baik dan lebih unggul dalam sepakbola. 

Tentunya Sepakbola adalah alat perjuangan. Kita yang berbeda - beda suku, agama, dan bahasa dapat bersatu untuk negara tentunya kita bersatu juga di tribun stadion yang sama. mereka pemain sepakbola berasal dari sabang sampai merauke begitupula kita yang supporter juga bersatu dari sabang sampai merauke. "SEPAKBOLA MENYATUKAN KITA SEMUA" itu adalah kalimat sakral dalam dunia sepakbola bagi pemain dan suporter. 

Hal - hal yang harus dilakukan sebagai suporter dalam mendukung Timnas Indonesia  di stadion maupun nonton bareng diluar stadion :

A. Datang ke stadion tidak anarkis dan ridak melakukan chant - chant yang tidak seronoh dan juga melakukan psywar sewajarnya aja. Ayo kita jadikan stadion adalah tempat yang ramah bagi siapapun. Berangkat aman dan pulang pun aman, karena sebagaimana mesti keluarga dan kerabat menunggu kita.

B. Menjaga etika dalam bersosial media dan selalu memberi pesan yang positive terhadap pemain atau suporter lawan. Jangan berani melakukan protes yang berlebihan seperti merusak fasilitas stadion atau luar stadion. 

C. Jadikan Tragedi Kanjuruhan sebagai pembelajaran dan intropeksi diri kita sendiri. memang kita belum sempurna dalam merubah sepakbola indonesia yang baik dan aman untuk siapapun. Harus mulai dari kita sendiri selalu untuk memberi hal - hal yang positif  dan membawa perdamaian ke suporter lain. 

D. Walaupun tidak ada biaya ke stadion cukup menonton di rumah atau datang ke tempat nobar yang diadakan di berbagai tempat. jangan memaksakan diri sendiri. Sepakbola emang segalanya tetapi diusahakan Sepakbola semampunya. Metode mendukung secara tidak langsung adalah hal solutif kok.

E. Membeli merchandise - merchandise resmi Timnas Indonesia adalah sesuatu hal yang kita mendukung mereka secara ekonomi dalam bidang pasar lokal. Kita juga bisa mempromosikan dari mulut ke mulut untuk pembelian merchandise yang resmi.

Tak hanya mendukung Timnas Indonesia yang berlaga di ajang turnamen regional seperti Piala Suzuki AFF, dan Sea Games. tentunya kita juga harus bangga dengan perwakilan Bali United dan PSM Makassar yang berlaga di Asean AFC CUP 2023/2024 dalam mewakili  Indonesia untuk bertanding di turnamen tersebut. dan juga kita tidak lupa dengan Tragedi Kanjuruhan dan kirim al-fatihah untuk korban - korban Tragedi Kanjuruhan. Kita dan mereka sama - sama manusia. Jadikan Tragedi Kanjuruhan adalah intropeksi diri dan menjadi hari duka nasional.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline