Lihat ke Halaman Asli

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa Mitra Dosen Panti Aisyiyah Dau-Universitas Muhammadiyah Malang

Diperbarui: 18 Januari 2024   14:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

PMM (Pengabdian kepada Masyarakat oleh Mahasiswa) merupakan kegiatan pendampingan dan pelayanan mahasiswa untuk pengembangan dan pemberdayaan masyarakat dalam menerapkan aplikasi, desain, teknologi atau perubahan sosial ke arah yang lebih baik. PMM dilakukan oleh mahasiswa UMM (Universitas Muhammadiyah Malang) secara perorangan atau kelompok yang bertujuan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat.

Jenis PMM yang kelompok kami lakukan adalah PMM Mitra Dosen yang dilakukan oleh mahasiswa dengan ber-mitra kepada Dosen terkait, yang di mana lokasi pengabdian akan ditentukan oleh Dosen yang telah ber-mitra kepada kami. Kelompok PMM kami dibimbing oleh Muhammad Kamil, S.IP., M.A, Prof. Dr. Tri Sulistyaningsih, dan Shannaz Mutiara Deniar, S.IP., M.A sebagai Dosen Pembimbing.

PMM yang kelompok kami lakukan, yaitu kelompok 155 dibuka langsung oleh dosen pembimbing kami yaitu Muhammad Kamil, S.IP., M.A dan Prof. Dr. Tri Sulistyaningsih, M.Si. serta salah satu penanggung jawab di panti asuhan, kegiatan ini berlangsung dengan lancar. PMM kami penting untuk dilakukan karena untuk membagikan ilmu pada adik-adik Panti Asuhan Aisyiyah DAU-Malang terkait cara melatih Kepemimpinan, cara melatih public speaking, dan memberikan materi terkait pentingnya menggunakan teknologi dengan baik dan bijak, serta memberikan pelatihan secara langsung cara mengaplikasikan beberapa aplikasi yang terdapat di dalam teknologi, seperti Canva, Power Point, Chat GPT, Miro, dan lain sebagainya.

dokpri

Adik-Adik Panti Asuhan Aisyiyah DAU yang rata-rata masih remaja dan memiliki masa depan hingga kehidupan cerah pastinya. Mereka membutuhkan pelatihan untuk menambah soft skill yang terkadang mereka dapatkan di sekolah, namun belum terlalu sering diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari mereka. Hal ini sangat berdampak baik bagi Adik-Adik Panti, karena sosialisasi dan pelatihan yang kelompok kami berikan akan berguna saat mereka mendapat pelajaran di sekolah seperti presentasi kelompok yang pastinya mereka menggunakan aplikasi Power Point dan juga melatih cara mereka melatih public speaking dengan presentasi di sekolah. Tidak hanya itu pelatihan yang kami berikan juga bisa berguna di masa depan ketika mereka akan melamar suatu pekerjaan, mengikuti suatu kegiatan kepemimpinan, dan lain sebagainya. Selama kegiatan berlangsung kelompok kami juga membangun hubungan yang baik, agar Adik-Adik Panti tidak sungkan bertanya kepada kami.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline