Lihat ke Halaman Asli

Peran Bahasa

Diperbarui: 12 Desember 2020   18:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bahasa dalam bahasa inggris disebut language, yang memiliki pengertian suatu bentuk ungkapan yang bentuk dasarnya ujaran. Bahasa merupakan alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa lambang sunyi ujaran yang dihasilkan oleh alat ujar manusia (Santosa, dkk, 2008: 1.3).

Lebih lanjut, berbahasa dengan baik menurut saya sendiri sangatlah penting dalam kehidupan sehari hari. Karena, menurut saya jika kita bisa berbahasa dengan baik dan sesuai dengan apa yang akan kita sampaikan, pendengar akan dengan mudah bisa mengerti apa yang kita bicarakan dan dengan mudah menangkap apa yang kita maksud dalam pembicaraan tersebut.

Tidak hanya itu, kenapa bahasa sangatlah penting untuk kehidupan sehari hari, karena kita harus bisa memposisikan diri. Dengan bahasa kita juga harus tau bahwa kita harus tau bagaimana bahasa tersebut di tempatkan, seperti bagaimana kita berbicara kepada lawan yang lebih tua, bagaimana kita berbicara kepada yang lebih muda, semua ada tata letaknya sendiri sendiri. Dan jika kita tidak mengikuti kaidah tersebut maka kita akan dipandang kurang sopan dengan orang orang yang ada di sekitar kita. 

Seperti contoh, kita berbicara kepada orang yang lebih tua dari kita, tentu saja kita menggunakan bahasa yang sopan , bukan karena kita merasa lebih pintar atau lebih tinggi dari orang tua, akan tetapi karena kita menghormati orang yang lebih tua dari kita. 

Dan juga kalau kita berbicara dengan lawan yang seumuran, kita mungkin akan berbicara dengan bahasa sehari hari yang sering kita gunakan dengan teman kita, akan tetapi alangkah baiknya jika kita berbicara dengan tutur kata yang baik, agar si pendengar juga merasa di hormati dan merasa lebih sopan. 

Begitu juga kalau kita berhadapan dengan orang yang lebih muda dari kita, bukan berarti kita harus seenaknya berbicara dengan lawan yang lebih muda, alangkah baiknya kalau kita saling menghormati satu sama lain, agar hidup di dunia ini merasa damai, merasa lebih sopan dan santun antara satu sama lain 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline