Lihat ke Halaman Asli

MUHAMMAD ALI EFENDI

Pemerhati pendidikan, penulis dan youtubef

Isolasi Diri Covid-19

Diperbarui: 30 April 2020   18:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Corona yang diakibatkan oleh virus yang bernama covid 19 menjadi penyakit yang bersifat pandemik. Dikatakan pandemik karena corona terjadi hampir di seluruh dunia. Hampir sebagian besar mengalami corona. Italia, Prancis, Argentina, Amerika, Malaysia dan Indonesia tidak lepas dari bencana pandemik corona covid 19. Covid 19 menyebar dengan begitu cepatnya, dari Wuhan sampai bisa menyebar ke seluruh dunia. Sudah banyak korban meninggal dunia. Ada beberapa hal semakin tingginya korban meninggal semakin banyak.  Acuh tak acuhnya masyarakat bahkan negara di awal terjadinya, rendahnya tingkat sanitasi masyarakat, tidak maunya menerapkan Social Distancing dan sebagainya.  Agar kita terhindar dari Corona Covid 19 ada beberapa langkah yang bisa kita lakuka. diantaranya adalah:

1. Budayakan hidup bersih.

2. Sering-sering mencuci tangan. Untuk yang beragama Islam untuk menjaga wudhunya.

3. Terapkan Social distancing.

4. Berolahraga secara teratur.

5. Berjemur jam 10.00 sekitar 15 menit.

6. Konsumsi makanan yang bergizi.

7. Positive Thingking

Beberapa orang yang terindikasi terpapar virus Covid 19, harus melakukan isolasi diri. Isolasi adalah suatu tindakan untuk tidak berhubungan sosial dengan orang lain. Seseorang yang melakukan isolasi diri tidak diperkenankan untuk keluar rumah dengan alasan apapun. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19. Isolasi diri dilakukan mainimal 14 hari. Setelah selesai masa isolasi diri, hendaknya orang tersebut melakukan rapid test. Apabila rapid test menyatakan negatif, maka isolasi diri bisa dihentikan.

Ketika seseorang sedang melakuka isolasi diri, maka masyarakat sekitar dan perangkat desa harus peka. Dalam artian kebutuhan apapun dari orang yang melakukan isolasi diri harus terjamin. Mereka melakukan isolasi diri juga demi masyarakat sekitar agar tidak ikut terpapar virus Covid 19. Kalau mereka tidak boleh keluar rumah, maka makanan, minuman dan lainnya masyarakat sekitar harus mengadakannya. Jangan sampai orang yang melakukan isolasi diri malah menjadi bahan omongan, dikatakan ini itu, dan dihubung-hubungkan dengan hal-hal negatif. Kalau semua itu terjadi, maka akan memberikan beban bagi mereka. Sediakan layanan telepon khusus dan mereka bisa menghubungi kalau mereka membutuhkan sesuatu. setiap warga sekitar wajib dan bertanggung jawab atas keterjaminan kebutuhan hidupnya.  Tetapi perlu diingat semua harus berdasarkan SOP penangan Corona Covid 19 ketika warga mengantar kebutuhan hidup mereka. Gotong royong untuk menjamin kehidupan mereka perlu dilakukan. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline