Lihat ke Halaman Asli

Guna Cegah Kegersangan Makam, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Laksanakan Penanaman

Diperbarui: 8 November 2021   14:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

KENDAL-Mahasiswa KKN Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang Kelompok 85 menggelar aksi penanaman pohon di Desa Tunggulsari, Brangsong Kendal. Minggu (07/11). Kegiatan kali ini mengangkat tema "Go Green, Go Clean and Go Healty". Aksi dilakukan di pemakaman umum desa Tunggulsari yang lokasinya ditengah-tengah pemukiman warga.  

Penanaman pohon ini dilakukan di area yang cukup gersang dan belum ada pepohonan. Kegiatan tersebut dilakukan pada pagi hari. Dari pukul delapan pagi  dan berakhir pada pukul dua belas siang. Dilanjut dengan makan bersama anggota KKN Kelompok 85 dan Juru Kunci Makam Bapak Nasidin. Meskipun cuaca mendung, tidak lantas menyurutkan semangat para mahasiswa KKN untuk terus menanam pohon demi terciptanya lingkungan yang asri. Para mahasiswa KKN tidak sendiri melakukan kegiatan ini, mereka dibantu oleh tiga orang. Bapak Nasidina selaku juru kunci makam memberikan intruksi tempat mana saja yang bisa ditanami tanaman. Mas Jauhari bertugas sebagai pengawas dari desa dan Mustofa sebagai perwakilan pemuda setempat.

Bibit yang ditanam ada tiga jenis yaitu bibit pohon mangga, klengkeng, dan sirsat. Hampir semua bibit pohon dan juga media tanam berasal dari swadaya masyarakat. Penanaman bibit pohon mangga, klengkeng dan sirsat ini bermanfaat sebagai peneduh jalan dan penambah  oksigen. Penanaman ini mencontohkan masyarakat agar menanam tanaman di rumahnya. Tanaman ini berfungsi sebagai penghijau lingkungan dan dapat dimanfaatkan sebagai jamu atau obat tradisional.

Penanaman pohon yang didampingi oleh Bapak Nasidin, beliau mengucapkan rasa terimakasih atas terselenggaranya kegiatan ini "Terimakasih kepada mahasiswa KKN walisongo yang telah berniat baik memberikan tanaman yang memiliki manfaat" tutur beliau.


Penulis : Ciptaning Dini Rd & Puput Oktavia




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline