Lihat ke Halaman Asli

Manfaat Cooperative Learning untuk Orang Dewasa

Diperbarui: 15 Juni 2023   13:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Dalam konteks pembelajaran, pembelajaran kooperatif dapat memberikan banyak manfaat yang berharga kepada orang dewasa. Adanya peningkatan keterlibatan dan motivasi untuk belajar menjadi salah satu manfaat utama. Pembelajaran kooperatif melibatkan orang dewasa yang secara aktif berinteraksi dengan teman sebaya, berbagi pemikiran, sehingga dapat bekerja sama untuk mencapai tujuan pembelajaran. Akibatnya, siswa merasa lebih terlibat dengan materi pembelajaran, merasa didukung oleh anggota kelompok, dan lebih termotivasi untuk belajar. 

Pembelajaran kooperatif untuk membangun kepercayaan diri pada orang dewasa. Bergabung dengan grup memberi Anda kesempatan untuk berbagi pengetahuan dan keterampilan Anda dengan orang lain. Hal ini tidak hanya meningkatkan kepercayaan diri Anda, tetapi juga memperkuat keyakinan Anda pada kemampuan Anda untuk mengatasi rintangan dan mencapai tujuan bersama.

Pembelajaran kooperatif dapat menciptakan hal positif pada kinerja orang dewasa. Bekerja sebagai tim memungkinkan orang dewasa untuk memanfaatkan keahlian untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Orang dewasa dapat membagi tugas dan saling mendukung untuk mencapai tujuan mereka dengan lebih efisien dan efektif. Hal ini berdampak positif terhadap kinerja di tempat kerja maupun dalam kegiatan pembelajaran lainnya.

Pembelajaran kooperatif merupakan metode pembelajaran yang berfokus pada beberapa kelompok kecil siswa yang bekerja sama untuk mengoptimalkan kondisi belajar. Metode pembelajaran ini juga cocok untuk orang dewasa. Manfaat pembelajaran kooperatif untuk orang dewasa meliputi:

1. Meningkatkan keterampilan sosial

Pembelajaran kooperatif dapat mempermudah orang dewasa untuk lebih meningkatkan keterampilan sosial. Dalam metode pembelajaran ini, orang dewasa memiliki kewajiban untuk bekerja sebagai tim dalam kelompok kecil untuk meraih tujuan bersama. 

2. Meningkatkan motivasi belajar

Mungkin saja jika orang dewasa memiliki motivasi lebih untuk belajar, karena adanya tanggung jawab kelompok. Selain itu, hal ini akan menjadi sebuah dorongan untuk orang dewasa untuk belajar dan membantu untuk meraih hasil yang terbaik 

3. Meningkatkan pemahaman materi

Metode pembelajaran kooperatif dapat membantu orang dewasa mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang suatu subjek. Pembelajaran kooperatif memungkinkan orang dewasa untuk belajar dari orang lain dalam kelompok dan memahami materi yang sulit. Ini akan membantu orang dewasa uuntuk memahami materi dengan lebih baik dan mendapatkan hasil yang lebih baik.

4. Meningkatkan keterampilan kerja tim

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline