Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Yunus

Saya adalah seorang imam mushala dikota Padang Sumatera barat.

Indikator Umat Terbaik dalam Perspektif Al-Qur'an

Diperbarui: 10 April 2022   16:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto : Ustadz Muhammad Yunus, S.Sos


Padang, Al-Qur'an adalah kitab suci umat Islam yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW melalui perantaraan malaikat Jibril,  didalamnya berisi perintah, dan larangan yang berguna sebagai pedoman bagi umat muslim dalam menjalankan aktivitas sehari -hari. Salah satu bentuk petunjuk yang ada Al-Qur'an adalah tentang indikator ummat yang terbaik. Dalam surat Ali Imran ayat 110, Allah menjelaskan ada tiga syarat untuk menjadi umat terbaik. Adapun bunyi ayat tersebut yaitu

Artinya : "Kamu adalah umat terbaik yang dikeluarkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang mungkar dan beriman kepada Allah."
Tiga syarat utama itu adalah amar makruf, nahi munkar, dan beriman kepada Allah SWT.  Ayat di atas diperkuat surat Ali  Imran ayat 104:

Artinya: "Hendaklah ada di antara kamu (atau setiap orang di antara kamu) menjadi bagian dari sekelompok umat yang mengajak pada kebajikan, menyuruh pada yang makruf, dan melarang yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung."

Dokumentasi ustadz : Pribadi Muhammad Yunus,S.Sos

Surah Ali Imran ayat  104 secara tegas pula memerintahkan umat Islam agar mengajak kebaikan, memerintah yang makruf dan melarang yang mungkar. Dua syarat tersebut sama dengan yang disebutkan dalam ayat 110 sedangkan syarat ketiga penempatannya berbeda. Namun, kandungannya serupa.
Di sisi lain, pengetahuan dan pengamalan selalu bergandengan. Pengetahuan mendorong pada pengamalan dan peningkatan kualitas amal sedangkan pengamalan yang terlihat dalam kenyataan kehidupan merupakan guru.
Oleh karena itu, masyarakat perlu selalu diingatkan dan diberi keteladanan. Dari sini lahir tuntunan ayat dan terlihat keterkaitannya dengan kedudukan umat Islam sebagai sebaik-baik umat.

Reporter : MUYU




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline