Lihat ke Halaman Asli

Pembuangan Sampah Sembarangan

Diperbarui: 2 Juni 2024   11:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pri

 

 

Seperti yang kita ketahui, tidak sedikit warga terutama yang di kec banggae tepatnya di lingkungan passarang depan sekolah tinggi agama islam negeri (STAIN), kebanyakan warga yang tidak sadar dengan kecerobohan nya dalam membuang sampah sembarangan. Membuang sampah dengan sembarangan dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan efek samping dari lingkungan yang kotor.

Beberapa fenomena yang sering kita saksikan berkaitan dengan pembuangan sampah secara sembarangan yang menimbulkan bau busuk serta menimbulkan berbagai macam penyakit seperti penyakit kulit, diare dan sejenisnya. Contohnya sering kita dapati warga yang mengalami penyakit diare, gatal gatal, dan bahkan sampai penyakit demam berdarah (DBD), itu semua disebabkan dengan kurangnya kebersihan lingkungan.

Selain membahas tentang manusia,sampah yang dibuang secara sembarang juga dapat menciptakan masalah yang serius bagi kehidupan di bawah air. Banyak Binatang air yang memakan sampah yang bisa mengganggu sistem pencernaan, bahkan sampai bisa membunuh karena dapat mempengaruhi kualitas air yang membahayakan kesehatan manusia dan hewanPembuangan sampah di kali juga dapat mengganggu keindahan dan kenyamanan lingkungan sekitar. Sampah yang menumpuk disepanjang sungai dapat menimbukan bau yang tidak sedap, menjadi tempat berkembang biak bagi serangga dan hama, serta membuat pemandangan yang dulunya indah, menarik, menjadi tidak menarik.

Oleh karena itu, seluruh pihak termasuk pemerintah dan masyarakat perlu mengadakan atau melakukan tindakan pencegahan untuk bagaimana supaya bisa bersama-sama mencegah terbentuknya sampah di lingkungan tersebut. Ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan seperti, pendidikan atau sosialisasi yang dapat menyadarkan tentang pentingnya menjaga lingkungan dan mengurangi pemakaian plastik sekali pakai, meningkatkan pengelolaan sampah dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dan menangani sampah di lingkungan.

Oleh karena itu diperlukan upaya yang serius yang dapat mengatasi masalah pembuangan sampah sembarangan. Upaya tersebut dapat dilakukan oleh semua pihak, baik individu maupun intansi pemerintah. Terdapat Beberapa cara yang dapat dilakukan antara lain:

  • Pemberian hukuman terhadap pelaku pembuang sampah sembarangan. Instansi dari kalangan pemerintah harus menegakkan hukum yang tegas terhadap pelaku pembuangan sampah sembarangan.
  • Mengadakan sosialisasi tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Pemerintah dapat menyampaikan kepada masyarakat tentang bahayanya dan dampak negatifnya pembuangan sampah secara sembarangan serta memberikan tips bagaimana cara melestarikan lingkungan.
  • Meningkatkan jumlah tempat sampah yang memadai. Dengan meningkatkan jumlah pembuangan sampah yang memadai, warga akan sadar dan mudah untuk membuang sampah pada tempatnya dan mengurangi pembuangan sampah secara sembarangan.
  • Pemerintah dapat mengadakan program pembersihan secara berkala dengan melibatkan semua warga yang menduduki tempat atau lingkungan tersebut.
  • Mengembangkan teknologi pengelolahan sampah yang ramah lingkungan dan bebas polusi. Teknologi pengolahan sampah yang ramah lingkungan dapat mengurangi pembuangan sampah secara sembarangan. Dalam mengatasi masalah pembuangan sampah ini diperlukan kerja sama dari semua pihak terutama dari masyarakat yang mendiami lingkungan tersebut.

Kebiasaan membuang sampah sembarangan ini akan terus menjadi kebiasaan buruk jika masih kebanyakan warga yang tidak peduli. Solusi lainnya untuk persoalan sampah ini dapat dimulai dari membangun kebiasaan pada masyarakat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline