Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Hafizh Muchfarild

bukan mahasiswa lagi

Cara Cepat dan Mudah dalam Menentukan Judul Skripsi

Diperbarui: 2 April 2023   07:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Sebelum seorang mahasiswa memperoleh gelar sarjana, mahasiswa akan dihadapi dengan ujian akhir atau tes terakhir yaitu skripsi. Banyak dari para mahasiswa kesulitan dalam melaksanakan hal tersebut, dan tidak jarang mereka mengalami keterlabatan kelulusan. Skripsi bagi mereka seakan-akan menjadi sebuah mimpi buruk, ini disebabkan karena mereka merasa dan meyakini bahwa ini begitu berat dan sulit bagi mereka. Hal ini dapat terjadi lantaran adanya beberapa tahapan yang harus dilalui, mulai dari mencari jurnal, menentukan judul, menyusun mindmad hingga sidang skripsi.

Judul menjadi fokus perhatian penting dalam proses pembuatan skripsi. Judul disini berfungsi untuk menentukan arah pembahasan dalam sebuah karya tulis, skripsi. Judul juga memberikan informasi singkat kepada pengguna mengenai isi dari penelitian itu sendiri. 

Penyusunan judul skripsi juga tidaklah mudah mengingat ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dan yang paling utama ialah memuat informasi mengenai variabel penelitian. Setidaknya kita sebagai mahasiswa tahap akhir harus membaca dan memahami jurnal penelitian sebelumnya dan barulah kita dapat menentukan judul apan yang akan dilakukan. Karena hal ini dirasa berat oleh mahasiswa, maka dari itu penulis ingin berbagi cara atau tips dalam menentukan judul skripsi. 

Berikut ada beberapa tips yang pernah penulis lakukan dalam menentukan judul skripsi :

  • Tentukan topik/genre penelitian seperti apa yang akan dilakukan

Topik yang dimaksud disini, adalah konsentrasi atau pengkhususan yang akan diambil. Misalnya, pada jurusan S1 Akuntansi terdapat 3-5 konsentrasi yang dapat diplih oleh mahasiswa seperti, akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, sistem informasi akuntansi, audit, dan akuntansi sektor publik. Dari kelima ini yang menjadi konsentrasi kita adalah akuntansi keuangan. Perlu diingat bahwasannya konsentrasi ini pada setiap universitas berbeda-beda, jadi anda dapat menyesuaikan dengan konsentrasi pada kampus tempat anda menempuh pendidikan.

  • Carilah jurnal yang sesuai dengan konsentrasi yang anda pilih

Langkah ini mulai dirasa sangat rumit. Ini dikarenakan permintaan dari dosen itu sendiri beragam mengenai jenis jurnal dan sumber yang harus diperoleh dari mana. Misalnya, harus jurnal internasional, penerbitan jurnal minimal 5 tahun kebelakang dari tahun kamu menyusun skrips dan harus berasal dari emerald, scopus, PoP, sinta dan masih banyak lagi situs yang disarankan oleh dosen. 

Pada tahap ini, kita harus sedikit tricky karena hal ini tidak lah gampang. Pertama, kita harus paham akan konsentrasi yang kita ambil. Misalkan, akuntansi keuangan. Secara garis besar konsentrasi akuntansi keuangan ini membahas mengenai pelaporan informasi keuangan kepihak eksternal. Maka kita bisa mencari jurnal mengenai laporan keuangan, bisa itu proses penyusunannya, penyajian laporan keuangan dan kejanggallan yang terdapat pada laporan keuangan. Jika sudah menemukan apa yang ingin kita cari, maka kita ketikkan sebagai keyword dalam mencari jurnal tersebut.

  • Baca jurnal secara mendetail dan pahami

Ketika sudah menemukan jurnal yang diinginkan, jurnal tersebut kita baca dengan seksama. Saat membaca jurnal, kita harus fokus pada hasil penelitian yang menerangkan mengenai pengaruh antar variabel nya. Misalkan, jurnal dengan judul pengaruh moralitas, motivasi dan sistem pengendalian internal terhadap kecurangan akuntansi. 

Dari judul tersebut, kita lihat bagaimana hubungan variabel independen (moralitas, motivasi dan sistem pengendalian internal) terhadap dependen (kecurangan akuntansi). Setelah itu, kita dapat melihat pada kolom komentar dan saran. Disini biasanya memuat pendapat peneliti mengenai penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Baik itu berisi saran, masukkan, serta hambatan yang dihadapi selama masa penelitian.

Tidak jarang pada bagian ini, juga memuat saran untuk penelitian yang akan dilakukan selanjutnya. Jika terdapat saran mengenai penambahan variabel atau hubungan antar variabel ini belum jelas. Maka kita dapat mencari jurnal tambahan yang memuat variable dependen yang sama dengan variabel independen yang berbeda

  • Angkat kasus yang terkenal atau terhangat sangat ini

Kasus ini biasanya dapat dilihat dari berita terkini yang sesuai dengan konsentrasi pilihan kita. Misalnya, kasus mengenai manipulasi laoporan keuangan yang dilakukan pada beberapa perusahaan besar. Dari berita ini kita dapat memilah faktor apa saja yang dapat mempengaruhi terjadinya kasus tersebut. Setelah itu, kita dapat mencocokkan dengan jurnal yang kita temukan.

  • Pelajari dan pahami contoh skripsi senior/kakak tingkat anda

Selain itu, penulis juga menyarankan anda untuk melihat skripsi kakak tingkat atau senior anda. Ini dikarenakan skripsi yang mereka tulis sudah paling benar dan memenuhi syarat dan ketentuan universitas anda. Oleh karena itu, anda dapat melihat dan mempelajari skripsi dari senior anda yang biasanya terdapat pada perpustakaan kampus atau pun jurusan. Dari contoh skripsi senior, anda dapt membuat sedikit bayangan mengenai skripsi apa yang akan anda buat nantinya.

Demikianlah beberapa tips yang dapat digunakan dalam menenetukan judul skripsi menurut pengalaman penulis. Walaupun tidak sepenuhnya benar atau langsung diacc oleh pembimbing skripsi  anda, tapi ada baiknya untuk mencoba. Semoga bermanfaat dan jika ada salah kata ataupun masukkan lainnya, silahkan tulis dikomentar. Terima Kasih




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline