Lihat ke Halaman Asli

Semua jadi Lebih Mudah dengan E Wallet

Diperbarui: 13 Agustus 2024   11:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

           

           

Dalam smartphone kita mungkin terdapat e-wallet bahkan itu lebih dari satu dan itu sering di gunakan untuk transaksi meskipun hanya di rumah saja.Apa sih sebenarnya e-wallet itu?

E-wallet atau yang lebih sering kita dengar dengan dompet digital.Dompet digital adalah sebuah platform yang menyediakan untuk berbagai jenis transaksi melalui QR code,transfer antar rekening maupun antar bank.Dan tentunya bisa di gunakan pengguna untuk menyimpan uang secara digital.

            Pada negara Indonesia ini,platform tersebut sudah mulai di gunakan beberapa tahun belakangan.Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya zaman semakin banyak platform untuk mendukung aktivitas sehari-hari masyarakat Indonesia.Pasca corona penggunaan e-wallet meningkat untuk menunjang kegiatan sehari-hari.Beberapa contoh e-wallet yang populer di Indonesia yaitu OVO,DANA,GoPay dll.Dan di setiap platform biasanya ada tawaran menarik untuk pengguna pemula seperti cashback,promo,dan kemudahan mengelola keuangan pribadi.

            Dengan hadirnya e-wallet ini tentu akan memberikan dampak positif/keuntungan yang di dapat sebagai pengguna,seperti kenyamanan untuk bertransaksi,kemudahan untuk melihat pemasukan dan pengeluaran,tidak perlu pergi ke ATM jika melakukan transfer dsb.

            Selain itu,e-wallet ini dapat digunakan 24 jam.Karena e-wallet ini bersifat cashless maka meminimalisir beredarnya uang palsu.Dan transaksi tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menunggu kembalian,karena sistem akan sendirinya mengatur transaksi terhadap kebutuhan yang dimiliki.

Kemudahan tersebut dirasakan oleh para remaja yang duduk pada dunia perkuliahan pada khusunya yang rata-rata anak milenial dan gen-Z.Rata-rata penggunaan e-wallet di usia mereka yaitu di gunakan untuk pembukaan rekening,belanja online,top up game dan sebagainya.Karena itu aktivitas hanya pada HP saja dan dimana-mana pun juga bisa asalkan terdapat handphone yang mendukung dan internet yang tersedia di daerah tersebut.

Namun pengguna juga harus berhati-hati dengan tawaran-tawaran yang tidak jelas sumbernya,keamanan yang diragukan dan juga kehilangan akses untuk pengguna e-wallet tersebut.

            Oleh karena itu,pengguna harus bijak menggunakan platform dan juga menjaga kerahasiaan informasi pribadi dan tidak lupa mengikuti praktik atau seminar tentang keamanan yang direkomendasikan oleh e-wallet,memilih e-wallet yang sudah bekerja sama dengan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dengan begitu pengguna lebih aman untuk mengakses platform tersebut




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline