Lembar Pengumpulan Data
Nama Mahasiswa : M. Maskur Musa
Nama Sekolah yang Diamati : SD Islam Sultan Agung 4
Analisis/Evaluasi Lingkungan Kaya Literasi
3 hal yang sudah berjalan dengan baik
- Kegiatan Aransi
- Pembiasaan membaca 15 Menit setiap hari kamis di Kelas 3B
- Melakukan Refleksi dari Pembiasaan membaca 15 Menit di Kelas 3B
2 hal yang bisa ditingkatkan
- Pojok Baca (Ketersediaan Buku dan Kelayakan Tempat)
- Pemanfaatan atau berkunjung ke perpustakaan sekolah
1 hal yang perlu didiskusikan
Membuat program atau kegiatan literasi yang lebih menarik bagi peserta didik untuk semua kelas.
Komponen Informasi Terkait Sekolah yang Diamati
Program/Kegiatan yang sudah berjalan
- Kegiatan Aransi
- Pojok Baca
- Pembiasaan membaca 15 Menit
- Refleksi dari pembiasaan membaca 15 Menit
- Pemanfaatan atau berkunjung ke Perpustakaan Sekolah
Program lain yang dapat ditambahkan
- Pembiasaan literasi setiap satu minggu sekali di semua kelas seperti rabu literasi, jumat literasi dan lainnya.
- Perpustakaan Keliling, perpustakaan yang menggunakan kendaraan khusus seperti mobil, bus, motor, atau bahkan gerobak yang dimodifikasi untuk membawa koleksi bahan bacaan.
- Kolaborasi Literasi dengan Orang Tua: Mengundang orang tua untuk menjadi pembaca cerita atau mendongeng di kelas atau mendampingi anak memilih buku di pojok baca.
- Klub Literasi Siswa: Dibentuk kelompok kecil yang fokus pada membaca, mendiskusikan buku-buku tertentu, bercerita dan menulis, dengan pendampingan guru.
- Klub Jurnalis Sekolah: Melatih siswa menjadi jurnalis muda yang mampu menulis sederhana yang hasilnya di tempel pada mading sekolah
- Kelas Literasi Mingguan: Siswa dibimbing menulis puisi atau cerita pendek setiap minggu.
- Pojok Baca Outdoor: Area membaca di taman sekolah dengan meja dan kursi sederhana.
- Lomba-Lomba Literasi seperti membaca puisi, mendongeng, menulis cerpen dan lomba lainnya.