Lihat ke Halaman Asli

muhmmad fadjarisnaini

Nama Saya Muhammad fadjar Isnaini, biasa di panggil Fajar, Okeee... !

Pengaruh Online Shop Terhadap Penjualan Produk Sabun Muka Garnier

Diperbarui: 24 Oktober 2023   22:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Teknologi yang semakin berkembang pesat khususnya pada bidang media sosial memberikan banyak peluang bagi para pelaku usaha sebagai media pemasaran produk perusahaan agar dapat dikenal oleh masyarakat luas salah satunya dengan menggunakan aplikasi (Online Shoop). Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui apakah content marketing dan online customer review di Online Shoop berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk sabun cuci muka Garnier.

Era globalisasi yang dinamis ini teknologi semakin berkembang pesat, dengan teknologi seseorang dapat dengan            mudah menjalankan kehidupannya. Tidak terkecuali pada bidang kecantikan. Banyak informasi yang sangat mudah diakses melalui internet sehingga banyak perusahaan maupun pelaku bisnis UMKM yang melakukan strategi pemasaran online dengan memanfaatkan platform di media sosial untuk individu yang tengah mencari informasi mengenai produk kecantikan. Mari kita ulas lebih lanjut bagaimana Online Shoop sangat berpengaruh terhadap penjualan produk. Sebenarnya faktor apa saja dari aplikasi Online Shoop ini yang sangat berpngaruh terhadap penjualan produk :?

Pengaruh Content Marketing

Content Marketing menurut Pulizzi (2019) merupakan kegiatan usaha untuk membuat dan membagikan sebuah ide atau kreasi yang memiliki nilai untuk membuat individu tertarik sehingga menimbulkan keuntungan dengan melibatkan audiens dan target. Dengan mendeskripsikan suatu produk melalui karakteristiknya dan terlihat menarik bagi pembacanya atau konsumen         supaya dapat menguntungkan pelaku bisnis.

Garnier merupakan salah satu merek kosmetik yang memanfaatkan aplikasi Onlne Shoop seperti TikTok, Shopee, Lazada,dan lain sebagainya sebagai media pemasaran online yakni dengan membuat sebuah content marketing yang berisi sebuah video pendek menarik dan memuat deskripsi produk Garnier. Namun terdapat salah satu Content creator di TikTok yang membuat video content tentang Garnier bersifat negatif sehingga banyak mendapatkan beragam tanggapan dari para konsumen Garnier baik berupa ulasan positif dan negatif sehingga membuat para calon konsumen yang sebelumnya memiliki niatan untuk membeli menjadi bimbang apakah harus melakukan pembelian produk garnier atau tidak.

Online Customer Review 

Menurut Eliska Sri (2019) menyatakan bahwa online customer review adalah komentar dari konsumen yang telah menggunakan produk tersebut dan tidak melakukan pertemuan secara langsung. Online customer review merupakan salah satu bentuk dari electronic word of mouth (Mayzlin & Godes, 2020). Pada saat ini strategi pemasaran sacara online melalui marketplace lebih banyak digunakan oleh konsumen dikarenakan menghemat waktu dan lebih efektif. Fitur ulasan konsumen diciptakan supaya konsumen yang pernah melakukan pembelian produk tersebut dapat berbagi informasi mengenai kualitas dari produk dan bagaimana pelayanan yang diberikan oleh penjual sehingga calon konsumen dapat mempertimbangkan sebelum melakukan pembelian (Iskandar Dzulqarnain, 2019).

Kesimpulan

Berdasarkan hasil pengujian menggunakan analisis yang kita lihat bersama untuk menguji variabel Content Marketing dan Online Customer review terhadap Keputusan Pembelian Sabun Cuci Muka Garnier, maka dapat disimpulkan sebagai berikut :

  • Content Marketing memberikan kontribusi terhadap Keputusan Pembelian di Online Shoop  produk sabun cuci muka Garnier karena semakin baik Content Marketing, maka tingkat keputusan pembelian konsumen Garnier akan semakin meningkat.
  • Online Customer Review memberikan kontribusi terhadap Keputusan Pembelian di Online Shoop  produk sabun cuci muka Garnier karena semakin baik review yang diperoleh oleh konsumen maka tingkat keputusan pembelian konsumen Garnier akan semakin meningkat.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa content marketing memberikan pengaruh positif terhadap keputusan pembelian dan online customer review juga memberikan pengaruh positif terhadap keputusan pembelian.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline