Lihat ke Halaman Asli

Mengapa UMKM Harus Go Digital?

Diperbarui: 21 Mei 2023   09:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perkembangan teknologi digital di zaman modern saat ini berkembang sangat pesat, apalagi semenjak pandemi Covid-19 melanda dunia yang menyebabkan kegiatan apapun dilakukan serba digital tidak terkecuali UMKM yang mengharuskan memasarkan produknya lewat digital demi mencegah penyebaran covid-19 yang semakin menyebar. Maka dari itu, mendorong perilaku masyarakat untuk berbelanja daring lewat internet. Dengan adanya belanja lewat daring maka platform perdagangan elektronik menjadi laris manis sebagai pilihan masyarakat untuk berbelanja dan bertransaksi. 

UMKM juga sangat perlu untuk go digital supaya masyarakat lebih mudah berbelanja lewat online tidak hanya lewat offline. Memasuki tahun 2023 , strategi pemasaran modern tidak terbatas pada promosi offline, tapi sudah memanfaatkan teknologi untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Langkah seperti ini disebut dengan go online atau go digital. Hal itu dilakukan dengan maksud, sebuah langkah yang memanfaatkan internet untuk memperluas jangkauan promosi.

Berikut adalah7 alasan mengapa bisnis UMKM harus go digital di era perkembangan teknologi saat ini:

1. Untuk Menjangkau Pasar yang Lebih Luas.

Alasan pertama yang mendasari para pelaku UMKM agar memanfaatkan ekosistem digital adalah demi memperluas jangkauan pasar.

2. Meminimalisir Hilangnya Target Pasar.

Dalam hal ini, yang dimaksud dengan kehilangan pasar adalah kecenderungan pengguna yang mulai nyaman dengan ekosistem digital. Mulai dari jasa transportasi, pesan makanan secara, transaksi, hingga belanja kebutuhan secara online.

3. Pertumbuhan Pengguna Internet yang Kian Pesat.

Jumlah pengguna internet di Indonesia setiap tahun selalu meningkat secara signifikan. Terutama setelah dicetuskannya proyek satelit Palapa Ring yang mampu menjangkau lebih banyak kota di daerah perbatasan. Dengan berbekal data tersebut rasanya sangat masuk akal bagi para pelaku UMKM untuk mulai merambah pasar digital jika bisnisnya ingin tetap relevan.

4. UMKM Menjadi Lebih Profesional.

Dengan go digital, UMKM tidak hanya berpotensi meraup lebih banyak pelanggan, tapi juga mulai memasuki babak persaingan baru di ranah industri modern.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline