Lihat ke Halaman Asli

Peran Mahasiswa dalam Peningkatan Digitalisasi pada UMKM

Diperbarui: 20 Mei 2023   22:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Kemajuan teknologi begitu pesat, salah satunya ialah digitalisasi dari segi pemasaran hingga proses administrasi. Tekhnologi merupakan hal yang tidak bisa dihindari dan masyarakat serta internet merupakan dua hal yang tak terpisahkan, maka dari itu, anak muda memiliki peranan yang penting dalam menumbuhkan perekonomian melalui tekhnologi digital. Demografi Indonesia menjadikan salah satu momentum untuk mengembangkan usahanya dengan teknologi. Anak muda merupakan aspek yang diharapkan bersinergi dalam menciptakan ekonomi Indonesia yang lebih baik.

UMKM atau Usaha Mikro dan Menengah memiliki kedudukan penting dalam mendukung pergerakan pembangunan serta perekonomian Indonesia. Bagi pelaku usaha, UMKM adalah bisnis atau usaha yang dijalankan oleh perseorangan, rumah tangga, maupun badan usaha kecil. UMKM memberikan peluang bagi pelaku usaha untuk membuka lapangan kerja baru. Dari data UMKM yang dimiliki oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, angka pertumbuhan pelaku UMKM selalu naik dari tahun ke tahun. Perkembangan UMKM itu sendiri akan semakin baik apabila setiap belahan masyarakat ikut berpartisipasi termasuk perguruan tinggi dan mahasiswa.

Lalu apa peran mahasiswa dalam pengembangan umkm?

Wujud nyata dari dukungan dari perguruan tinggi adalah memberikan ilmu kewirausahaan. Bukan hanya berupa teori namun juga dalam pengaplikasiannya. Dengan demikian mahasiswa akan mendapat pengalaman yang nyata dan memahami seluk beluk dunia usaha. Pengalaman tersebut yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk membantu pengusaha kecil dan menengah dalam mengelola dan mengembangkan usahanya. Sebagai contoh:

1. Memberikan pengetahuan pemasaran yang baik

Jika di zaman digital ini, bisa memberi pengetahuan mengenai market place dan promosi melalui media sosial, termasuk tentang pembayaran digital.

2. Mengadakan webinar pengembangan kreativitas di era pandemi

Harapannya agar pelu usaha dapat menjadi lebih termotivasi dan terbuka dengan ide-ide kreatif. Atau misal dengan membagikan kita-kiat berwirausaha si masa pandemi ini, bagaimana menjaga kualitas dan sebagainya.

3. Mengadakan forum yang mempertemukan pelaku usaha Umkm dan investor

4. Mencintai produk dalam negeri

5. Mahasiswa juga bisa membatu dengan tetap membeli produk-produk dalam negeri, agar pelaku umkm bisa terus survive dan berkembang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline