Lihat ke Halaman Asli

Mengelola Keuangan Pribadi

Diperbarui: 27 Juni 2024   13:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Dalam Kehidupan ini perlu adanya metode mengelola keuangan pribadi agar nantinya kita tidak khawatir yang terjadi di masa yang akan datang. 

Mengelola keuangan pribadi adalah salah satu keterampilan yang sangat penting dalam menjalani hidup sehari-hari. Dengan memiliki kemampuan mengelola keuangan pribadi yang baik, kita dapat meningkatkan keseimbangan keuangan, mengurangi hutang, dan mencapai tujuan keuangan yang ingin kita capai. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengelola keuangan pribadi yang efektif:

1. Buat Anggaran

Anggaran adalah suatu rencana keuangan yang berisi proyeksi pengeluaran dan pemasukan Anda untuk setiap bulan atau tahun. Dengan membuat anggaran, Anda dapat mengetahui bagaimana Anda menggunakan uang Anda dan membuat keputusan yang lebih bijak tentang pengeluaran. 

Ramsey, D. (2003). Perubahan Uang Total.

2. Lacak Pengeluaran

Tracking pengeluaran adalah salah satu cara untuk mengetahui bagaimana Anda menggunakan uang Anda. Dengan pelacakan pengeluaran, Anda dapat mengetahui mana saja yang harus diperhatikan dan mana yang dapat diperbaiki.

Robin, V., & Dominguez, J. (1992). Uangmu atau hidupmu.

3. Prioritaskan Pengeluaran

Memprioritaskan pengeluaran adalah salah satu cara untuk menentukan mana pengeluaran yang paling penting untuk Anda. Dengan demikian, Anda dapat fokus pada pengeluaran-pengeluaran yang paling penting dan mengurangi pengeluaran-pengeluaran yang tidak penting.

Bach, D. (2004). Sang Jutawan Otomatis.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline