Lihat ke Halaman Asli

Beberapa Jangan, Agar Sekiranya Jangan Sampai Terjadi

Diperbarui: 26 Juni 2015   03:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

oleh: Emha Ainun Nadjib
Jangan kau ludahi muka atasan di hadapan para bawahanya, karena hal itu akan membuatmu hina di hadapan sesama. Jangan kau sumpahi kebijakan atasan dengan sumpah serapah kekesalanmu, karena hal itu akan membuat Tuhan tidak simpatik dengan mu. Yang baik adalah kau sudahi saja kemitraan dengannya tanpa sumpah serapah atau doa kekesalan di dada.
Jangan kau turuti kehendakmu untuk mengirim serangkaian aksi yang kau tunjukkan untuk orang-orang yang berpengaruh di negeri ini, tanpa kau memulai membenahi dirimu secara rutin.

Jangan kau salahkan sistem yang terjadi di negeri ini tanpa kau sadari bahwa sistem yang ada pada dirimu cukup membahayakan keberlangsungan hidupmu sendiri.

Jangan kau mengujat tindakan korupsi, para koruptor dan hasil korupsi, sedangkan hasratmu masih menginginkan harta yang berlimpah.

Jangan kau berusaha mendalami kenapa Indonesia bisa begini-kenapa semakin banyak muncul ketidakjelasan di negeri ini-dan rasa aman tidak lagi bisa di pastikan, tanpa kau mau mengadakan reformasi di lingkungan mikro dirimu..

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline