Lihat ke Halaman Asli

Muhamad Zayin Elhak

Mahasiswa pendidikan fisika di Universitas sultan Ageng Tirtayasa

IPK Bagus Ternyata Nggak Cukup (Part II)

Diperbarui: 22 Februari 2023   16:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di postingan kemarin, udah dijabarin tuh tiga poin penting yang kudu disiapin sebelum lo lulus kuliah, yaitu relasi, soft skill, dan hard skill. Berikutnya apa lagi ya?

1. Pengalaman Kerja

Kuliah tuh waktunya cenderung fleksibel dan bakalan lo temuin banyak waktu luang.

Lo bisa manfatin waktu yang lo punya dengan iseng-iseng nyicip dunia kerja lewat program magang atau freelance. Lebih-mantep lagi kalo lo bisa manfaatin keahlian atau disiplin ilmu jurusan kuliah lo.

Selain dapetin uang jajan tambahan, lo juga bisa semakin mentereng di mata rekruter, karena punya CV yang oke karena sempat menyelami dunia kerja sebelum lulus. Worth to try ya ngab pokoknya.

2. Pengalaman Relawan/Volunteering

Kalo lu si paling gemar bantu orang lain dan si paling aktif di kegiatan social, maka gue saranin lo coba ikut volunteering.

Volunteering, jadi jalan ninja terbaik buat ketemu orang baru dengan beragam background sekaligus ngebangun relasi. Dengan join volunteering, lo nantinya punya kecakapan baru, rasa empati, dan percaya diri. Nilai jual lo di mata perekrut juga makin nanjak loh.

3. Etika

Pinter udah, skillfull udah, relasi mantul, pengalaman kerja juga punya, semuanya bakalan hambur kalo lo nggak punya etika yang baik. Sebab skill dan knowledge bisa dilatih, tapi etika yang baik nggak bisa ditawar lagi, harga mati pokoknya. So, jangan jadi anak muda yang nyebelin ya lo ya :p

Well guys, mumpung masih ada waktu, hayuk ah kita optimalin masa ngampus yang berharga banget ini! Gasss!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline