Lihat ke Halaman Asli

Muhamad Zayin Elhak

Mahasiswa pendidikan fisika di Universitas sultan Ageng Tirtayasa

Tips dan Trik Menjalani Masa Probation

Diperbarui: 20 Februari 2023   12:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar: Probation Periods - LabourMan Consultants

TERUS, BIAR PROBATION-NYA LANCAR, AKU KUDU PIYE?

1. Pelajari Kontrak Kerja

Di dunia kerja, lo nantinya bakal disodorin kontrak kerja. Jangan maen tanda tangan aja ya, cuy. Baca dan pahami betul-betul setiap pasal kerja. Jangan sampe nantinya lo malah nyesel karena kurang teliti pas prosesi penandatanganan kontrak kerja.

Pelajari juga hak dan kewajiban lo selama bekerja untuk perusahaan tujuan lo. Pastiin bahwa masa probation dilakukan dalam jangka waktu tiga bulan dan nggak bias diperpanjang, Terus juga pastiin upah yang ditawarin nggak kurang dari upah minimun yang udah ditetapin.

2. Disiplin Sama Waktu

Ini hal paling dasar buat menyelami dunia kerja, khususnya masa probation. Don't play-play sama aturan perusahaan tentang waktu. Kalo lo suruh masuk jam 8, ya pastiin lo tepati, kalo bisa mah bahkan lebih awal beberapa menit. Datang tepat waktu nandain keseriusan, tanggung jawab, dan profesionalisme lo. Lo juga nantinya dilabeli kepercayaan dan bisa

diandelin.

3. Ingetin nama rekan kerja atu mentor lo

Pastiin lo catet dan inget nama temen, mentor, dan atasan lo. Selain berguna banget buat mempercepat proses adaptasi lo di lingkungan baru, ini juga bikin lo lebih cepet ngebangun relasi dan pergaulan di suasana kerja yang baru.

Lo juga boleh kok nanya tipis-tipis tentang keseharian dan kebiasaan masing-masing rekan kerja lo, supaya lo bisa kenal mereka lebih deket.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline