Lihat ke Halaman Asli

Muhamad Yamin

Mahasiswa

PBL dan PJBL

Diperbarui: 1 November 2024   20:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

1.PBL (problem Based Learning )

A.pengertian PBL    

    Problem Based Learning (PBL) adalah metode pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai konteks untuk belajar. 

  • PBL dapat digunakan dalam mata pelajaran apa pun dan dapat disesuaikan dengan tingkat kelas mana pun. Ini merupakan cara yang sangat efektif untuk melibatkan peserta didik dengan kemampuan yang berbeda-beda, termasuk peserta didik bahasa Inggris dan siswa berkebutuhan khusus

    Dalam PBL, siswa dihadapkan dengan masalah yang relevan dengan materi pelajaran, kemudian diminta untuk mencari solusi bersama. PBL juga memiliki beberapa karakteristik, di antaranya:

  • Siswa terlibat aktif dalam proses       pembelajaran 
  • Siswa belajar berpikir kritis dan            memecahkan masalah 
  • Siswa mendapatkan pengetahuan dan    konsep yang esensial 
  • Siswa bekerja dalam kelompok 
  • Siswa diberi kebebasan untuk                menentukan apa yang ingin mereka   pelajari 
  • Siswa dilatih untuk menyelesaikan     masalah dan mendapatkan                   pengetahuan  dari pengalaman tersebut 
  • PBL dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir, mengatasi masalah, dan menjadi pembelajar yang mandiri. PBL juga dapat membuat pembelajaran lebih inovatif dan menyenangkan. 
  • PBL pertama kali diperkenalkan oleh Howard Burrows, seorang dokter dan pendidik di bidang kesehatan pada era 1960-an. 

B. Fungsi PBL sebagai Berikut:

  •   Fungsi Problem-Based Learning (PBL) adalah untuk membantu peserta didik dalam menghadapi situasi kehidupan nyata dan belajar berperan sebagai orang dewasa dalam menyelesaikan masalah. Berikut beberapa fungsi PBL: 
  •  Membantu siswa menerapkan pengetahuan: Siswa akan menerapkan pengetahuan yang dimilikinya untuk memecahkan masalah. 
  • Meningkatkan kemampuan berpikir kritis: PBL dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan beradaptasi dalam situasi baru.  
  • Mengembangkan keterampilan kolaborasi: Siswa bekerja sama dalam kelompok untuk menyelidiki masalah dan mencari solusi bersama.  
  • Membantu siswa menemukan pengetahuan baru: PBL merangsang siswa untuk menemukan pengetahuan baru bagi mereka. 
  • Membantu siswa menerapkan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari: PBL membantu siswa untuk menerapkan pengetahuan mereka dalam kehidupan sehari-hari.  
  • Membantu siswa berlatih berpikir: PBL membantu siswa untuk berlatih berpikir dalam menghadapi sesuatu.  
  • Membantu siswa belajar dengan menyenangkan: PBL dapat mendukung proses pembelajaran yang menyenangkan dan terpusat pada peserta didik. 

C.Langkah-langkah model pembelajaran        Problem Based Learning (PBL) secara          umum terdiri dari:

        1.Penyajian Masalah. 

        2.Pengorganisasian Kelompok.

        3.Pencarian Informasi.

        4.Diskusi Kelompok.

        5.Penyusunan Solusi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline