Lihat ke Halaman Asli

Hikmah dan Inspirasi Mempelajari Sejarah Peradaban Islam

Diperbarui: 29 November 2023   20:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://mediadakwah.id/sejarah-peradaban-islam-perlu-direkonstruksi/

Artikel ini dibuat untuk menjadi tugas tambahan ujian akhir semester dari Mata Kuliah SEJARAH PERADABAN ISLAM dengan Dosen Pengampu Dr.H. Syaeful Bahri, S.AG,MM,CHCM. 

Nama: Muhamad Solahudin 

Nim: 231420051 

Hikmah   

Dalam mempelajari Sejarah Peradaban Islam banyak hikmah dan pembelajaran yang sangat berharga. Ada beberapa hikmah yang dapat kita ambil dari Sejarah Peradaban Islam:

Pertama, dalam bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan. Dari sejarah Islam kita dapat menyimpulkan bahwa pentingnya ilmu pengetahuan dan pendidikan, melihat dari  peradaban islam pada masa lalu yang menjadi pusat ilmu pengetahuan, seni, budaya dan mengembangkan pusat-pusat pembelajaran yang menjadi peran penting dalam menyebarkan pengetahuan.

Kedua, Toleransi terhadap peradaban dan kebudayaan. Pada masa kejayaan Islam terjadi pertukaraan budaya antara peradaban Islam, Yunani, Persia, dan lain-lain. dalam hal ini menunjukan kemampuan Islam dalam menghargai dan mengadopsi bagian-bagian positif dari kebudyaan dan peradaban lain.

Ketiga, keadilan dan kemanusiaan. melihat dari ajaran Islam yang menekankan keadilan dan kemanusiaan, contohnya dalam menerapkan sistem Zakat, yang bertujuan untuk mengurangi kesenjangan sosial dan membantu orang yang sedang membutuhkan.

Keempat, kepemimpinan yang adil. Dalam sejarah peradaban islam telah memberikan contoh dalam kepemimpinan yang adil, seperti pada saat kepemimpinan khulafaur rasyidin. Kepemimpinan yang adil dan bertanggung jawab menjadi prinsip utama dalam Islam.

Kelima, Toleransi terhadap keagamaan dan kebebasan dalam beragama. Pada masa kejayaan Islam kota dan tempat yang pernah ditaklukan Islam dimana berbagai agama dan etnis hidup berdampingan, Islam pun dapat menciptakan suasana yang toleransi dan harmonis. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline