Lihat ke Halaman Asli

MUHAMAD SHAUFIL HAKIM

Mahasiswa universitas Mataram

Program Plastic Exchange: Mengubah Kegiatan Membuang Menjadi Memungut Sampah di SD Negeri 1 Langko

Diperbarui: 19 Agustus 2023   12:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Surasdiana | dokpri

Dalam kehidupan sehari-hari, masyakat seringkali membuang sampah sembarangan. Dengan adanya kasus ini, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pemeberdayaan Masyarakat Desa (KKN) Universitas Mataram 2022/2023 di Desa Langko, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat menggelar kegiatan sosialisasi dan penyuluhan terkait Pola Hidup Sehat serta Sadar Sampah pada Jumat, (04/07) yang bertempat di SD Negeri 1 Langko dengan mengundang Duta Lingkungan Provinsi NTB 2022 sebagai narasumber, yaitu Nonis Aprilianti dan Nurul Umami yang dihadiri oleh Kepala Desa Langko, Kepala Dusun, Kepala Sekolah, dan Staf SD Negeri 1 Langko. 

Kepala Sekolah SD Negeri 1 Langko, dalam sambutannya mengatakan  "Saya berharap kegiatan sosialisasi pola hidup sehat serta sadar sampah tidak berhenti sampai disini, dan bisa dilanjutkan oleh mahasiswa  KKN periode selanjutnya"

Penyuluhan ini ditujukan untuk siswa/i Kelas 3 sampai 6 SDN 1 Langko, terkait pentingnya meningkatkan kesadaran pola hidup sehat dan sadar sampah. 

Ketua kelompok KKN PMD UNRAM Mengatakan, "setelah dilakukannya kegiatan penyuluhan ini, akan ada program sampah exchange yang nantinya adek-adek akan tukarkan sampahnya dengan hadiah" 

Mahasiswa KKN PMD UNRAM mengusungkan tema "Plastic Exchange dan Ecobricks" yang diharapkan mampu mengubah kebiasaan siswa/I SDN 1 Langko dari membuang menjadi memungut sampah demi menjaga kesehatan lingkungan. Kegiatan ini dilakukan dengan membagi 1 kelas menjadi kelompok sehingga semua siswa ikut serta dalam memeriahkan kegiatan tersebut. 

Ketua kelompok KKN PMD UNRAM Mengatakan, "Semoga dengan adanya kegitan ini, dapat memberikan gambaran kepada adik-adik mengenai sampah Exchange dan Pengolahan sampah menjadi Ecobricks".

REDAKSI/PENULIS: KKN DESA LANGKO II UNIVERSITAS MATARAM




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline