Lihat ke Halaman Asli

Pendataan Angka Partisipasi Kasar dan Angka Partisipasi Murni Pendidikan Oleh Kelompok KKN 30 UPI di SDN Cimanggu Kecamatan Ngamprah

Diperbarui: 14 Agustus 2022   21:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

Oleh: Muhamad Rizky Fadillah

Jum'at (22/07/2022) kelompok 30 KKN Tematik UPI tahun 2022 melaksanakan program kerja di Desa Cimanggu. Kegiatan dilaksanakan selama seminggu mulai dari tanggal 22-28 Juli 2022 di Desa Cimanggu Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan atau program kerja yang dilaksanakan

Kegiatan hari pertama yaitu pembukaan bersama Kepala Desa Cimanggu untuk membuka kegiatan KKN Kelompok 30 UPI ini, tidak lupa juga ditemani oleh Dosen Pembimbing Lapangan KKL ini. Kegiatan pembukaan dilaksanakan di ruang kelas SD karena kebetulan aula yang biasa dipakai untuk acara besar sedang digunakan untuk pembagian BLT di Desa ini.

Setelah acara pembukaan kemudian kami mempersiapkan dan membagi kelompok untuk melaksanakan program kerja di desa ini, program yang dilaksanakan diantaranya yaitu pendataan pendidikan kepada warga di Desa Cimanggu yang meliputi Angka Partisipasi Kasar (APK) dan Angka Partisipasi Murni (APM). APK dapat di definisikan sebagai Proporsi anak sekolah pada suatu jenjang tertentu terhadap penduduk pada kelompok usia tertentu sedangkan APM dapat di definisikan sebagai Proporsi penduduk pada kelompok umur jenjang pendidikan tertentu yang masih bersekolah terhadap penduduk pada kelompok umur tersebut.

Untuk mendapatkan data tersebut, berdasarkan arahan dari desa kami melakukan survey kepada masing masing RW di desa cimanggu untuk mengetahui data Keluarga yang ada di desa ini sehingga bisa diambil data untuk APK dan APMnya.

Dokumentasi pribadi

Masing-masing kelompok berpencar ke setiap RW untuk mengambil data yang akan digunakan sebagai data APM dan juga APK. Selain kegiatan ini, kami juga melaksanakan program kerja berupa pendampingan di Sekolah Dasar. Sekolah yang kami jadikan sebagai program kerja ini yaitu SDN Cimanggu, melihat dari beberapa pertimbangan seperti kurangnya tenaga kerja, kurangnya fasilitas sekolah dan juga beberapa kekurangan lainnya yang ada di sekolah ini.

Dokumentasi pribadi

Bersama guru yang ada di desa ini kami membantu dalam pendampingan murid mengingat masih kurangnya tenaga kerja yang tersedia di sekolah ini. Pembelajaran dilakukan baik di dalam maupun diluar ruangan dalam rangka pendampingan murid. Kegiatan berlangsung dengan lancar dan juga sesuai dengan program kerja yang kelompok KKN Tematik 30 UPI ini laksanakan.

Untuk sesi pendekatan dengan masyarakat Desa Cimanggu, kami juga melakukan beberapa kegiatan seperti senam bersama dan games yang dilaksanakan di gor Desa Cimanggu. Kegiatan ini dihadiri juga oleh dosen dan beberapa perwailan mahasiswa IKIP Siliwangi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline