Lihat ke Halaman Asli

Pembelajaran IPS Berdiferensiasi Melalui Projek Kepang Lima

Diperbarui: 24 Oktober 2022   11:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Salam dan bahagia, video pembelajaran ini merupakan praktik baik pembelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 4 Wonosobo yang sudah saya lakukan sebagai implementasi Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2022-2023.  

Pada pembelajaran IPS materi "Pembangunan Berkelanjutan" saya menerapkan model pembelajaran Project Based Learning atau pembelajaran berbasis projek yang saya beri nama " KEPANG LIMA" (Ketahanan Pangan, Lingkungan Manfaat dan ASRI). 

Berawal dari assesmen diagnostik kognitif dan nonkognitif saya mendapatkan data mengenai gaya belajar murid baik yang Auditori, Visual, Maupun Kinestetik. 

Oleh karena itu, melalui Projek Kepang Lima ini saya berupaya untuk memberikan layanan yang komprehensif bagi semua murid agar mampu menguasai sikap, pengetahuan serta keterampilan yang diharapkan dengan berbagai kegiatan yang dilakukan. 

Adapun kegiatan projek ini yaitu dari  diskusi, penguatan konsep pengetahuan  mengevaluasi melalui game kahoot, persiapan lahan, pembuatan pupuk kompos organik, penanaman sayuran, budidaya ikan lele, pembuatan pestisida organik, penyemprotan dan perawatan sayuran serta tahap pemanenan sayuran dan ikan lele. 

Hasil dari projek Kepang Lima kemudian dijual pada kegiatan market day yang menghadirkan orang tua pada kegiatan parenting dan juga komite sekolah. Semoga video ini bermanfaat dan menginspirasi sahabat-sahabat di seluruh Nusantara.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline