Lihat ke Halaman Asli

Penerapan Perinsip Perencanaan dalam Manajemen Perencanaan

Diperbarui: 8 Oktober 2024   21:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menagemen Pendidikan/dokpri

Penerapan prinsip perencanaan (planning) dalam manajemen perkantoran di perusahaan melibatkan penyusunan strategi, pembagian tugas, dan alokasi sumber daya untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Perencanaan yang baik membantu perusahaan mengatur aktivitas kerja, menghindari konflik antar tim, dan meningkatkan efisiensi kerja. Sebaliknya, perencanaan yang buruk dapat menyebabkan keterlambatan proyek, kebingungan peran, dan penurunan produktivitas.

Contoh: Jika perusahaan tidak merencanakan kebutuhan pegawai dengan baik, maka saat volume pekerjaan meningkat, tidak ada staf yang cukup untuk menangani tugas tersebut. Hal ini bisa menyebabkan overload pekerjaan, penurunan kualitas layanan, dan akhirnya mengurangi kepuasan pelanggan.

Referensi: Hasibuan, Malayu S.P. (2017). Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Web Resmi: Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. (2022). Perencanaan Sumber Daya Manusia Aparatur. Diakses dari: https://www.menpan.go.id

Jurnal: Wibowo, Agus. (2018). “Peran Perencanaan Strategis dalam Meningkatkan Efisiensi Organisasi.” Jurnal Manajemen dan Organisasi, 5(1), 15-27.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline