Lihat ke Halaman Asli

Muhamad Iqbal Al Hilal

Freelance Writer

Bigbang Pertahankan Eksistensi dengan Comeback Still Life

Diperbarui: 4 Mei 2022   20:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sampul Album Still Life Bigbang/Foto: YG Entertainment via Kompascom

(04/05/2022)- Generasi dua K-Pop, seakan mempunyai kekuatan dalam mempertahankan popularitasnya meskipun saat ini sudah memasuki generasi keempat dalam industri hiburan negeri Ginseng tersebut berbagai idol baik solo maupun grup dari generasi satu sampai ketiga masih tetap eksis meskipun diterpa berbagai kontroversi dan skandal yang menerpanya.

Salah satu yang berhasil mempertahankan eksistensinya dalam industri hiburan khususnya musik adalah boy grup Bigbang yang dibentuk oleh agensi YG Entertainment di tahun 2006 yang beranggotakan lima orang member yaitu T.O.P, Daesung, G Dragon, Taeyang dan Seungri.

Beberapa lagu seperti  Haru, Loser, Fantastic Baby, Bang bang bang sukses membuat kelima member yang seringkali tampil secara nyentrik ini meriah popularitas dengan cepat terlebih akibatnya agensi yang menaunginya didirikan oleh musisi legendaris yang merupakan mantan member boy grup Seo Taiji and The Boys yaitu Yang Hyun Suk.

Seungri dan Yang Hyun Suk/Foto: WowKeren

Bigbang bisa dikatakan sebagai gebrakan baru di industri K-Pop karena beraliran lebih kepada musik EDM dan Hip hop karena musiknya yang unik dan easy listening berbagai penghargaan terus diraih sampai tahun 2015 albumnya terus menerus menorehkan berbagai prestasi yang mentereng jauh sebelum idol lainnya seperti Psy, dan BTS populer saat ini, Bigbang menjadi pelopor revolusi musik K-Pop.

Bigbang yang popularitasnya terus melonjak tajam mengakibatkan  YG Entertainment selaku agensi yang menaunginya kemudian mendebutkan idol grup wanita yang beraliran sama dengan Bigbang yaitu 2NE1 di tahun 2009 dengan beranggotakan CL, Park Bom, Dara dan Minzy.

Popularitas yang diraihnya justru membuat personil termuda dari Bigbang yaitu Seungri terpaksa mundur dari agensi,grup dan industri hiburannya pada tahun 2019 setelah tersandung kasus prostitusi di kalangan artis alias burning sun yang melibatkan berbagai artis lainnya seperti  Jung Joon Young, Choi Jung Hoon ( FT Island), Yong Jun Hyung ( Highlight), Lee Jong Hyun ( CNBLUE) tidak hanya itu CEO dari YG Entertainment Yang Hyun Suk juga terlibat dalam kasus ini.

Akibatnya berbagai artis lainnya seperti Lee HI, CL, B.I , Seungri dan One serempak keluar dari agensi yang sudah membesarkan namanya tersebut ada yang keluar karena kontraknya habis dan ada juga yang keluar dikarenakan kontroversi dan skandal yang menerpanya.

Kontroversi yang melibatkan Seungri secara tidak langsung membuat nama YG Entertainment tercoreng berbagai hujatan dan kontroversi menerpanya pada akhirnya harga saham dari perusahaan tersebut sempat jatuh. Pada akhirnya YG merilis berbagai lagu terutama untuk artis populernya yaitu Blackpink demi menutupi kerugian yang diakibatkan oleh Seungri dan Yang Hyun Suk serta B.I.

Di tahun 2020 Blackpink comeback dengan How You Like That, serta debut dari boy grup baru bernama Treasure di tahun yang sama.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline