Lihat ke Halaman Asli

Muhamad Iqbal Al Hilal

Freelance Writer

Sensasi Memiliki Buku Cetak, Lebih Terasa Ketimbang Buku Digital

Diperbarui: 8 Februari 2022   07:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi buku cetak/ Foto: CNN Indonesia

(08/02/2022)- Buku merupakan jendela ilmu sekaligus sumber pengetahuan yang perlu kita baca jika ingin pengetahuan kita bertambah dan lebih luas.

Dalam waktu beberapa tahun terakhir kehadiran buku fisik mulai digeser oleh adanya e-book ( buku elektronik) yang bisa didapatkan secara legal dengan pembelian maupun buku ilegal yang disebarkan oleh oknum tidak bertanggungjawab dengan dalih berbagi ilmu dan pengetahuan.

Meskipun perkembangan zaman turut menggerus sejumlah perusahaan percetakan dan penerbitan buku cetak nyatanya produksi dan penerbitan buku cetak masih terus meningkat setiap tahunnya hal ini bisa kita lihat dari sejumlah penerbit seperti Gunung Agung, Komunitas Bambu, Prenanda, Pustaka Setia, Airlangga, Meta, Ombak dan lain-lain.

Buku Cetak Memiliki Sensasi Tersendiri

Ilustrasi membaca buku/ Hellosehat.com

Memiliki buku secara cetak atau hard book memang memiliki kesan tersendiri bagi para pengoleksi. Kehadiran buku cetak sendiri bukan sebatas untuk dibaca namun juga bisa disimpan bahkan dijual kembali tergantung seberapa buku yang kamu miliki tersebut langka atau tidak dipasaran.

Buku-buku lawas seperti Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer, Tinjauan Kritis Tentang Sajarah Banten karya Hoesein Djajadiningrat, novel remaja Lupus karya Hilman Hariwijaya dan lain sebagainya masih diburu sampai sekarang. Hal ini membuktikan bahwa buku cetak masih digemari oleh masyarakat Indonesia maupun dunia.

Alihwahana Buku Menjadi Film

Novel ayat-ayat cinta karya Habiburrahman El Shirazy, yang kemudian diangkat menjadi film dengan judul yang sama/Foto: Gramedia Digital

Sejumlah buku sudah banyak yang di alih media kan menjadi sebuah film hal ini diambil selain karena ceritanya menarik, penulis populer namun juga karena buku ini digemari oleh banyak orang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline