Lihat ke Halaman Asli

Muhamad Iqbal Al Hilal

Freelance Writer

Tren Hengkang Serempak di Kalangan Idol Group Kpop

Diperbarui: 23 Mei 2021   07:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gfriend dalam promosi album song of the siren / Source Music via Detik Hot

Tren hengkang secara serempak akibat habisnya kontrak seorang idol  di sebuah agensi menjadi hal yang lumrah batas kontrak seorang idol adalah 7 tahun. Keputusan untuk memperpanjang atau tidak tergantung pada kesepakatan antara agensi dan idol biasanya agensi akan menawarkan penawaran baru bagi idol. Kontrak 7 tahun ini juga sering disebut sebagai kutukan 7 tahun jika satu grup bubar.

Idol keluar secara serempak diikuti oleh beberapa faktor diantaranya keuntungan yang diberikan agensi dari hasil keuntungan tidak seimbang, kurangnya popularitas, agensi berencana membubarkan, hingga rencana para idol untuk bersolo karir. Sebagai contohnya berikut dijelaskan dibawah ini 

 Shinhwa 

SHINHWA / Shinhwa Company via Kprofiles


Idol besutan S.M entertainment yang debut tahun 1999 secara serempak hengkang diakibatkan agensi hanya ingin melanjutkan kontrak dengan 5 member  dengan alasan solidaritas Shinhwa memilih hengkang dengan 6 member dan berusaha merebut hak paten nama mereka yang baru dapat diraihnya pada tahun 2010- an kontrak Shinhwa sendiri habis tahun 2003 dan masih bertahan hingga kini.
Selain itu masih ada beberapa idol yang melakukan hal serupa ternyatabukan hanya dilakukan oleh Shinhwa para juniornya pun mengikuti jejak Shinhwa.


 GOT7 

GOT7 / JYP Entertainment


Boygrup beranggotakan 7 orang ini hengkang di awal tahun ini grup besutan JYP entertainment ini   baru- baru ini merilis sebuah MV baru selepas hengkang yang menandakan bahwa nama GOT7 masih bisa dipakai walaupun mereka sudah hengkang membernya tidak hanya fokus di msuik Namaun juga ada yang menjadi seorang aktor sebut saja Jinyoung dan JB yang sempat bermain dalam serial Dream High 2 bersama Hyorin Sistar dan Wooyoung 2pm.

Beast ( Highlight)

Highlight dalam comeback The Blowing / Via Around Us Entertainment


Idol besutan Cube entertainment ini debut kembali menjadi Highlight pada 2017 dengan member tetap pelantun " Fiction"  ini baru saja comeback namun salah satu anggotanya yaitu Junhyung hengkang dari grup disebabkan kasus grup sex atau lebih populer dengan sebutan burning sun yang menyeret sejumlah idol seperti Seungri Big bang dan Jung Joon-young. selain re -debut boyband ini juga mendirikan agensi sendiri bernama Around Us Entertainment di tahun 2021 mereka comeback dengan single " Not The End".

Sistar

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline