Lihat ke Halaman Asli

Pengaruh Perubahan Sistem Ekonomi Demokrasi dengan Sistem Ekonomi Pancasila Terhadap Kemiskinan di Jawa Timur

Diperbarui: 19 Oktober 2023   16:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

BPS Jawa Timur

Pengaruh perubahan sistem ekonomi demokrasi dengan sistem ekonomi pancasila terhadap kemiskinan di Jawa Timur

Indonesia telah mengalami perubahan sistem ekonomi dari sistem ekonomi demokrasi ke sistem ekonomi pancasila. Perubahan sistem ekonomi ini bertujuan salah satunya yaitu untuk menekankan angka kemiskinan, nah seberapa efektifkah dalam perubahan sistem ekonomi di Indonesia terhadap kemiskinan di Jawa Timur?

Sistem Ekonomi Demokrasi

Sistem ekonomi demokrasi muncul pada masa orde baru sejak kepemimpinan Soeharto. Sistem ekonomi demokrasi dimulai pada tahun 1967 dan bertahan hingga 1998, Sistem ekonomi demokrasi di Indonesia pada saat itu ditetapkan secara eksplisit. Sistem ekonomi dekromanasi adalah sistem ekonomi yang berdasarkan pada prinsip prinsip demokrasi. Maka dari itu ada prinsip prinsip dalam sistem ekonomi demokrasi, seperti: 

  1. Sistem ekonomi demokrasi memiliki tujuan untuk menciptakan keadilan sosial dengan cara pemerataan dalam kepemilikan aset dalam negri.

  2. Sistem ekonomi demokrasi memfokuskan pada partisipasi masyarakat dalam menetapkan kebijakan ekonomi

  3. Sistem ekonomi demokrasi mengutamakan peran koperasi dalam perekonomian nasional

Sementara itu mengapa sistem ekonomi demokrasi diberhentikan, karena sistem ekonomi demokrasi sudah tidak relevan dengan pandangan ekonomi modern kedepannya. Sebab dalam dalam pelaksanaannnya, ekonomi demokrasi dinilai sulit untuk mendapatkan kerjasama, dikarenakan dalam pengambilan keputusannnya diharuskan sesuai dengan kesepakatan masyarakat, sehingga banyak keputusan yang tidak menguntungkan bagi pihak swasta luar negri. 

Sistem Ekonomi Pancasila

Sistem ekonomi pancasila sendiri lahir pada tahun 1998 hingga sekarang, sistem ekonomi pancasila hadir ketika runtuhnya zaman orde baru. Dalam sitem ekonomi ini memfokuskan kebijakan terhadap kesejahteraan rakyat secara merata. Terdapat beberapa prinsip dalam sistem ekonomi pancasila, yaitu: 

  1. Sistem ekonomi ini menekankan keadilan sosial bagi rakyat indonesia, dan kesejahteraan ekonomi yang merata

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline