Saat ini Kita masuk pada era dimana kita bisa bertransaksi dengan penduduk bumi di bagian manapun secara langsung, kita dapat ikut berkontribusi untuk menjadi konsumen ataupun produsen pada pasar global saat ini. Keterbukaan system antar Negara-negara saat ini memungkinkan kita untuk bertransaksi dengan warga Negara lain diluar Negara kita.
Namun di samping itu, persaingan global makin lama tentu akan semakin meningkat. Setiap Negara pasti akan dengan maksimal mempersiapkan era ini, mulai dari kualitas sumber daya alam manupun sumber daya manusianya.
Oleh sebab itu, setiap Negara harus memastikan bahwa semua faktor produksi yang dimilikinya terutama sumber daya manusia yang mengelola nya harus diberikan pelatihan yang baik agar produktivitas dan kualitas produk yang di hasilkan dapat ikut bersaing pada pasar global ini.
Menurut Prof. DR. H. Buchari Alma dalam bukunya "Pengantar Bisnis" ada beberapa aspek tantangan bisnis global ini, yaitu:
- The Demographic and Cultural Challenge, Ini menyangkut pertambahan penduduk, dan struktur usia penduduk saat ini dan masa yang akan datang. Dunia bisnis harus memperhitungkan masalah ini, harus di lakukan antisipasi secermat mungkin, terutama bagi perusahaan yang produknya berhubungan langsung dengan gejala perubahan penduduk tersebut. Begitupun juga hal nya dengan budaya yang terdapat pada suatu Negara tertentu, sebab kebudayan dapat menjadi faktor yang mempengaruhi suatu produk di pilih atau tidak pada suatu daerah tertentu.
- The Environmental Challenge,Tantangan lingkungan terutama menyangkut masalah polusi, air, udara, suara yang mempunyai efek pada penyakit. Semua perusahaan harus dapat mengendalikan permasalahan lingkungan ini sebaik mungkin, karena dengan begitu dimanapun perusahaan itu berada, ketika produk mereka sangat mempedulikan masalah lingungan ini, maka produk nya akan lebih mudah di terima.
- The Social Responsibility and Ethics Challenge, Dunia bisnis di hadapkan pada tanggung jawab terhadap masyaraat. Pertama proses produksi harus selalu menjaga kelestarian lingkungan. Kemudian produk yang di hasilkan harus sangat bermanfaat bagi konsumen, dan jangan sampai membahayakan konsumen. Pelaku bisnis harus juga menjaga etika, baik didalam perusahaan berhubungan dengan karyawan maupun dengan lingkungan yang ada di sekitar perusahaan, meliputi konsumen, saingan dan stakeholder lainnya.
- The Technology Challeng, Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan, maka sangat berpengaruh terhadap perkembangan teknologi. Dan dengan semakin berkembangnya teknologi terutama yang digunakan oleh perusahaan, maka proses produksi dapat dilakukan denga seefisien mungkin.
Nah melihat penuturan di atas, maka setiap tantangan yang akan di hadapi dalam pasar global ini sangat lebih mementingkan bagaimana membuat kegiatan perekonomian ini semakin baik. Bagaimana perusahaan menjaga kualitas produknya, mejaga kualitas produksinya, dan bagaimana menjaga kepuasan pelanggannya.
Dengan memperhatikan kepuasan konsumen dan lingkungan, maka setiap perusahaan dan produknya akan lebih mudah diterima di bagian negara manapun.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H