Lihat ke Halaman Asli

Muhamad Gilang Arindra Putra

Dosen Universitas Lampung

Pelatihan Wisata Ramah Lingkungan untuk Peningkatan Optimasi Wisata Bahari Desa Pulau Pahawang

Diperbarui: 22 Agustus 2024   11:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

dosen memiliki tiga peran utama yaitu dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, yang merupakan inti dari tridharma perguruan tinggi. Selain tugas pokok tersebut, dosen juga memiliki tugas tambahan seperti berpartisipasi dalam seminar dan keterlibatan dalam dunia usaha atau industri. Pengabdian kepada masyarakat adalah salah satu cara bagi dosen untuk menerapkan ilmu pengetahuan dengan tujuan memberikan manfaat bagi masyarakat serta dalam rangka memenuhi tugas dosen dalam tridharma perguruan tinggi.

dalam rangka pemenuhan tugas tersebut maka pada hari Sabtu, 24 Juli 2024 dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh tim dosen Fakultas Pertanian Universitas Lampung yang diketuai oleh Muhamad Gilang Arindra Putra, S.Kel., M.Si dan berkolaborasi dengan beberapa orang mahasiswa dari Jurusan Perikanan Dan Kelautan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan mengangkat tema optimasi wisata bahari dalam upaya meningkatkan ekonomi dengan pendekatan wisata berkelanjutan.

Kegiatan wisata bahari berkelanjutan sangat penting karena menjaga keseimbangan antara pemanfaatan sumber daya laut untuk pariwisata dan pelestarian ekosistem laut. Dengan menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan, seperti pengelolaan limbah, pembatasan jumlah pengunjung, dan edukasi lingkungan, wisata bahari dapat memberikan manfaat ekonomi tanpa merusak habitat laut yang sensitif. Hal ini tidak hanya menjaga keindahan alam dan keberlanjutan sumber daya laut untuk generasi mendatang, tetapi juga meningkatkan kesadaran masyarakat dan wisatawan akan pentingnya konservasi laut. Kegiatan wisata bahari berkelanjutan berperan dalam mendukung kesejahteraan masyarakat pesisir serta menjaga keanekaragaman hayati yang merupakan aset penting bagi ekosistem global.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut merupakan bagian dari kegiatan yang didanai oleh hibah DIPA Fakultas Pertanian Universitas Lampung Tahun 2024. Dengan anggota tim dosen Muhamad Gilang Arindra Putra, S.Kel., M.Si; Darma Yuliana, S.Kel., M.Si; dan Yuliana Saleh, S.P., M.Si

menurut Ketua tim pengabdi, Muhamad Gilang A.P, S.Kel., M.Si. menuturkan "kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang pentingnya menjaga ekosistem laut. Diharapkan, edukasi yang diberikan mampu mendorong perubahan perilaku positif dalam pengelolaan sumber daya laut dan pariwisata, sehingga masyarakat setempat dapat terlibat aktif dalam menjaga keberlanjutan lingkungan"

Peran aktif masyarakat dalam melaksanakan wisata bahari berkelanjutan sangat penting untuk menjaga kelestarian lingkungan laut dan sumber daya alamnya. Dengan partisipasi masyarakat, seperti mengikuti aturan konservasi, mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, serta berpartisipasi dalam kegiatan pembersihan pantai, dampak negatif terhadap ekosistem laut dapat diminimalisir. Selain itu, kesadaran dan edukasi yang terus ditingkatkan akan mendorong masyarakat untuk turut serta dalam pelestarian sumber daya laut, sehingga wisata bahari dapat berlangsung secara berkelanjutan dan memberikan manfaat jangka panjang bagi lingkungan serta ekonomi lokal.

Dokumentasi Pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline