Lihat ke Halaman Asli

CHIMAERA: Spesies Hiu Hantu dari Perairan Laut Dalam yang Aneh dan Menyeramkan

Diperbarui: 1 November 2023   08:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://oceanexplorer.noaa.gov/okeanos/explorations/ex1803/background/chemo-comm/welcome.html

Chimaera merupakan salah satu spesies ikan laut dalam yang masih memiliki kekerabatan dengan spesies hiu dan pari. Ikan ini hidup pada perairan dalam di beberapa samudra yang beriklim sedang dengan kedalaman sekitar 2.600 meter dan beradaptasi dengan kondisi yang ekstrim dan minim cahaya.

Secara anatomi, struktur tubuh chimaera tidak di topang oleh tulang keras melainkan oleh tulang rawan, memiliki kepala besar dan ekor yang panjang meruncing. Panjang tubuhnya bisa mencapai hingga 150 cm. Dengan memiliki bentuk sirip seperti sayap burung yang nampak terbang di air. selain itu juga ikan ini memiliki 6 gigi permanen yang kuat dan tajam seperti gigi hiu pada umumnya. Sedangkan pada bagian depannya terdapat moncong bulat yang di modifikasi memanjang bersifat sensorik untuk menerima rangsangan dalam menemukan mangsanya. Beberapa yang menjadi mangsanya yaitu berupa krustasea, bintang laut dan moluska.

Pada sistem reproduksinya ikan chimaera umumnya sama dengan ikan hiu pada beberapa hal dalam pembuahan yang di lakukan ikan jantan pada ikan betina. Namun perilaku dalam perkawinan secara umum tidak seperti hiu . Chimaera jantan memiliki alat pelengkap seksual yang bisa di tarik dalam membantu untuk perkawian yaitu tentakula yang berupa batang yang menjulur keluar dari dahi yang di pergunakan untuk memegang sirip dada betina saat melakukan perkawinan.

Dalam penelusuran evolusi yang diketahui chimaera tertua yaitu protochimaera yang hidup pada 332-338 juta tahun yang lalu. Sampai saat ini masih sangat kurang di temukan fosil chimaera yang baik untuk di teliti. Namun Para peneliti saat ini masih melakukan penelitian dalam pengurutan DNA dalam memahami secara detail spesies ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline