Lihat ke Halaman Asli

Muhamad Dendi Purwanto

saya senang menulis

Jangan Malas Pakai Masker dan Cuci Tangan, Ingat Pesan Ibu!

Diperbarui: 23 Januari 2021   11:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://kiosk.flysafair.co.za/covid-19

Masker sudah menjadi barang penting saat ini. Pasalnya dalam pandemi Covid-19, masker saat ini menjadi alat pelindung diri. Mengenakan masker bisa mengurangi penyebaran virus.  Tapi tahukah Anda bahwa meski tahun berganti, banyak orang tetap salah memakai masker. Apa salahnya memakai masker, berikut komentarnya: 

  1. Jarangnya cuci tangan Anda sebelum dan sesudah melepas masker 
  2. Jarangnya membersihkan wajah setelah memakai masker
  3. Gunakan kembali masker sekali pakai
  4. jarang mencuci masker setelah digunakan berulang kali
  5. Tidaknya menutup hidung dan mulut dengan benar

Meski memakai masker dalam waktu yang lama akan membuat Anda sulit bernapas, namun sebenarnya berisiko jika Anda tidak menutupi hidung dan mulut sepenuhnya saat memakai masker. Banyak orang memakai topeng yang telah ditarik ke bawah untuk memperlihatkan hidung atau seluruh wajah mereka. Itu akan menghilangkan manfaat memakai masker. 

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan masker. Riset menunjukkan bahwa banyak pengguna topeng lalai melakukannya. Sebanyak 35% partisipan penelitian melaporkan bahwa mereka tidak mencuci tangan sebelum memakai masker. Pada saat yang sama, 43,7% lainnya mengaku melepas masker tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Untuk mencegah penyebaran virus, Chotani merekomendasikan untuk mencuci tangan Anda selama 20-30 detik sebelum mengenakan dan melepas masker.

Konsultan medis senior Sedgwick Teresa Bartlett (Teresa Bartlett) mengatakan bahwa Anda harus mencuci muka setelah memakai masker. Namun, 31,9% peserta survei menyatakan bahwa mereka tidak mencuci muka setelah memakai masker.

Mengutip dari "https://www.msn.com/id-id/berita/other/cdc-merekomendasikan-penggunaan-masker-di-ruang-publik/ar-BB1ajSTp"

"CDC merekomendasikan untuk membersihkan masker setelah digunakan. Tetapi sebuah survei oleh Signs.com menunjukkan bahwa banyak orang yang memakai masker yang dapat digunakan kembali gagal melakukannya. Setidaknya 10,6% dari peserta studi Signs.com mengatakan bahwa bahkan setelah memakainya selama lebih dari dua minggu, mereka belum mencuci masker. "

Masker sekali pakai harus dibuang setelah digunakan. Namun, survei tersebut menunjukkan bahwa 44,2% partisipan mengaku beberapa kali mengenakan masker sebelum membuang masker sekali pakai. Para ilmuwan memperingatkan agar tidak menggunakan kembali masker sekali pakai. Ini karena masker sekali pakai dirancang, diproduksi, dan disertifikasi hanya untuk penggunaan jangka pendek.

Survei menunjukkan bahwa hampir 25% pemakai masker berbagi masker dengan orang lain. Masker dapat menyerap tetesan dan keringat Anda, jadi ketika seseorang selain Anda memakai masker, pada dasarnya Anda menyebarkan cairan tersebut kepada orang lain.

Kenapa Harus memakai masker?

Untuk menjaga kesehatan, Anda bisa mulai dengan hal-hal yang sangat sederhana. Misalnya seperti mencuci tangan sebelum melakukan apapun, dan memakai masker saat berada di luar rumah. Karenanya, mulai saat ini jadikan mencuci tangan dan memakai masker sebagai bagian dari pola hidup sehat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline