Lihat ke Halaman Asli

Senja Jatiluhur sebagai Relasi Batin dari Kepenatan

Diperbarui: 20 Juli 2024   19:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar merupakan karya orisinil penulis. di Pesisir danau Jatiluhur (20/07)

Senja merupakan moment yang sering di tunggu-tunggu oleh para pemuda, remaja atau bahkan orang tua sekalipun. Bagaimana tidak di tunggu, senja acapkali memberi Cahaya kemuning yang eksotis, campuran warna oren dari sinaran marahari dan warna biru dari langit membuat menghipnotis bagi yang melihatnya.

Seperti yang terdapat di Kawasan Jatiluhur, yang dimana pesisiran danau itu menjadi tempat serbuan Masyarakat lokal atau bahkan dari luar Kota. Kebanyakan dari mereka yang datang itu untuk menyaksikan moment senja yang perlahan menghilang ke ufuk barat. Hal ini yang menimbulkan daya tarik Masyarakat untuk berdatangan, karena di pesisiran danau Jatiluhur merupakan tempat yang sangat strategis untuk menyaksikan moment senja.

Senja menarik roda ekonomi UMKM

Jatiluhur sebagai tempat objek wisata tentunya banyak aspek di dalamnya, seperti UMKM, Jasa naik perahu, Pedagang layangan, Pedagang lukisan dan pedagang yang lainnya lagi. Semua berkumpul di tempaj objek wisata jatiluhur, senja yang tadinya hanya peralihan sore ke malam, kini senja di jatiluhur membuat roda ekonomi berputar.

Belum lagi jasa naik perahu, seperti yang kita ketahui bahwsanya di Jatiluhur itu ada jasa naik perahu yang dapat membawa wisatawan ke Tengah danau jatiluhur. Ketika ditengah kita semua dapat menyaksikan megahnya turbin bendungan Jatiluhur, Megahnya pegunungan yang mengelilingi Jatiluhur, daan eksotis nya senja yang menguning di ufuk barat. Sungguh sangat indah.

Semua wisatawan kelihatannya asik ketika berada disana, begitupun para pelaku UMKM yang dapat memutarkan roda perekonomian di tempat wisata yang strategis. Seakan semua keindahan terdapat di pesisir danau Jatiluhur.

Lembayung indah membuat hati merasa tenang

Senja di jatiluhur membuat para wisatawan merasa tenang walaupun bersifat sementara. Mungkin semua yang datang ke pesisir danau Jatiluhur ada dari kalangan pelajar, pekerja, pejabat yang mereka semua ingin menikmati rasa ketenangan itu dari hiruk pikuk kegiatannya masing-masing.

Posisi matahari tenggelam di pesisir danau Jatiluhur sangat pas sesuai titik koordinat ufuk barat di belahan danau Jatiluhur. Belum lagi posisi pegunungan yang menghampit danau jatiluhur berjejer seperti sama ingin menyaksikan keindahan senja di sore hari.

Tentu keindahan senja di jatiluhur ini akan membuat orang untuk berdatang kembali ke tempat itu. Seperti cocok untuk dijadikan tempat ngobrol, curhat, kontemplasi dan lain sebagainya. Senja yang menguning seakan menemani Masyarakat yang datang untuk menyaksikan tenggelamnya ke ufuk barat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline