Menerima tawaran pekerjaan itu salah satu hal yang amat menyenangkan, apalagi kalo pekerjaan itu pekerjaan yang benar-benar kita mau. Tapi, kalo gaji yang ditawarkan sebagai bagian dari proposal pekerjaan ternyata diluar ekspektasi kita, kita mungkin ingin bernegosiasi untuk memastikan kita mendapat kompensasi dengan cara yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keahlian kita.
Tapi gimana, kalo kita dapet tawaran pekerjaan melalui surat elektronik atau email, kita juga harus dapat menegosiasikan gaji kita melalui platform surat elektronik ini. Di sini saya mau membagikan apa itu email negosiasi gaji, apa yang harus disertakan dalam email tentang negosiasi gaji, tips yang perlu diingat saat menulis email, dan contoh untuk memberikan contoh seperti apa struktur email saat anda ingin melakukan nego gaji.
Apa sih email negosiasi gaji itu?
Email negosiasi gaji adalah email yang dikirim ke calon pemberi kerja atau manajer perekrutan dalam upaya mendiskusikan dan mencapai kompromi mengenai gaji awal yang ditawarkan untuk posisi kerja. Seorang karyawan dapat mengirim email untuk menegosiasikan gaji mereka, setelah penawaran awal dibuat atau saat mereka sedang bekerja untuk sebuah perusahaan.
Misalnya, begini kalo kota telah bekerja di sebuah perusahaan selama satu tahun, kita mungkin ingin menegosiasikan gaji, agar bisa dapet kenaikan gaji, yang tentunya berdasarkan kesuksesan dan kemajuan kita dalam posisi saat ini.
Apa yang harus disertakan saat menulis email negosiasi gaji?
Berikut ini adalah komponen penting dari email ke manajer atau majikan sehubungan dengan negosiasi gaji:
- Nama lengkap penerima, biasanya manajer perekrutan atau pewawancara.
- Baris subjek yang dengan jelas menyatakan tentang apa email itu.
- Salam yang pantas, seperti Dear Mr./Mrs./Ms. Nama depan Nama Belakang
- Paragraf pembuka yang mencakup apresiasi atas tawaran pekerjaan dan waktu manajer perekrutan selama proses perekrutan pekerjaan.
- Paragraf kedua yang mencakup proposal gaji baru serta alasan mengapa kita merasa angka gaji baru itu belum sesuai, pengulangan kualifikasi kita untuk pekerjaan itu, dan apakah kita bersedia menerima bentuk kompensasi lain, seperti lebih banyak dibayar- cuti, sebagai pengganti gaji yang lebih tinggi.
- Paragraf penutup yang menyatakan minat kita pada posisi tersebut dan terima kasih sekali lagi kepada pemberi kerja atas waktu dan pertimbangannya.
- Tanda tangan yang menyertakan nama depan dan nama belakang kita.
- Kiat untuk dipertimbangkan saat menulis email negosiasi gaji.
Struktur Penulisan Nego Gaji
Berikut adalah beberapa tips penting yang perlu diingat saat menulis email untuk menegosiasikan gaji:
Ketahui nilai kita.
Penting untuk menunjukkan kepada majikan nilai Anda saat menegosiasikan gaji. Untuk melakukan ini, pertimbangkan berapa tahun pengalaman industri yang Anda miliki, tingkat pendidikan Anda, tingkat karier Anda saat ini, sertifikasi atau lisensi apa pun yang Anda miliki, dan pengalaman kepemimpinan apa pun yang Anda miliki. Sertakan informasi ini dalam email negosiasi gaji Anda bila perlu.
Lakukan riset pasar.
Komponen lain dari gaji seseorang adalah di mana mereka tinggal dan berapa banyak penghasilan orang lain dalam posisi yang sama di lokasi geografis yang sama. Lihat rata-rata pasar untuk posisi yang telah Anda tawarkan atau saat ini serta rata-rata di lokasi Anda dan di kota-kota terdekat. Jika gaji yang Anda tawarkan lebih rendah dari rata-rata ini, sebutkan ini di email Anda.
Mintalah gaji yang lebih tinggi dari yang Anda butuhkan.