Masyarakat Indonesia saat ini tengah berada dalam fase transisi menuju masyarakat era informasi. Dalam proses ini terdapat pergeseran pola masyarakat dalam mengakses dan mendistribusikan informasi. Hal ini merupakan perubahan gaya hidup yang sebagai konsekuensi penggunaan perangkat komunikasi berbasis teknologi informasi (ICT). Inovasi fitur perangkat komunikasi saat ini menawarkan medium komunikasi yang kian interaktif.
Salah satu platform yang paling vital di antaranya Blog, aplikasi sosial media berbasis web 2.0, menawarkan kapasitas produksi dan distribusi informasi yang mendorong masyarakat untuk berperan aktif tidak hanya sebatas mengonsumsi tetapi juga memproduksi berita seperti halnya jurnalis profesional. Praktisi industri media pemberitaan mainstream menghadapi fenomena ini, serta mempelajari pola pergeseran perilaku khalayak dalam mengonsumsi dan mendistribusikan informasi.
Dalam pengaplikasiannya, tentunya hal tersebut tak lepas dari penggunaan tools yang mumpuni dalam pemanfaatan database media digital serta analisis secara terperinci terkait minat dan rating para audiens. Hal ini dijelaskan secara detail oleh Saeful Imam selaku Editor portal media Grid Hits.id mengenai tools apa sajakah yang sangat berperan dalam memaksimalkan kinerja media digital, dikutip dari wawancara bersama mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta pada Kamis (07/10/2021). Simak penjelasan lengkapnya berikut.
- Google Analytics
Untuk terus mengikuti selera audiens, portal Grid Hits memantau perkembangan pasar melalui Google Analytics, serta melihat perkembangan jumlah pengunjung berita setiap harinya. Tools ini cukup simple, karena data disajikan dalam bentuk grafik. Jika suatu berita mengalami penurunan dalam jangka waktu yang cukup panjang, maka portal Grid Hits akan mengubah haluan berita.
- Keyword Google
Selain pasar yang berubah, penurunan audiens juga dapat disebabkan oleh sistem Google itu sendiri. Terkadang Google memblokir beberapa kata kunci, seperti baru-baru ini yaitu Indo XXI serta layar kaca 21 yang merupakan situs streanming film illegal. Website tersebut banyak diminati pengunjung, akan tetapi dalam beberapa bulan terakhir, situs ini kian sepi dikunjungi oleh pengguna internet. Hal ini bukan disebabkan oleh pasar yang berubah, akan tetapi Google sendiri yang memblokir kata kunci pencarian ini karena satu dan lain hal. Oleh karena itu, penting sekali untuk memantau kata kunci baru yang tengah ramai diunjungi oleh audiens dalam strategi marketing website untuk meraih top search dalam mesin penelusuran Google.
- Advertising Tools (ads)
Media yang baik ialah media yang dapat memaksimalkan kualitas konten dan juga rating audiens. Hal ini dapat dilakukan dengan mengikuti trend tertentu, contohnya seperti membuat konten yang mengarah pada bidang kesehatan. Pada awal pandemi COVID-19 kemarin, tingkat rating audiens untuk konten di bidang ini melonjak drastis dari sebelumnya. Dalam pemanfaatannya, konten – konten berbau trend masa kini atau hal – hal yang bersifat viral memang lebih mengarah pada rating audiens, karena strategi manajemen media jenis ini memang menyasar keuntungan dari jumlah klik yang dilakukan audiens pada portal berita ini. Berbeda dengan jenis strategi manajemen media lainnya, yang secara penuh menyediakan konten berkualitas, serta dapat mengambil keuntungan dari pengiklan resmi dalam konten.
- Feedback Tools
Dalam pemanfaatan tools yang satu ini, pelaku industri media dapat menggunakan sosial media resmi milik perusahaan, serta account email resmi dan juga website yang dibuat khusus untuk menampung keluhan yang terjadi selama proses penayangan konten. Feedback audiens kerap digunakan sebagai acuan, akan tetapi hal tersebut tidaklah selalu bersifat mutlak. Karena dalam beberapa kasus ditemukan bahwa sebagian user yang berkomentar tidak memberi feedback yang membangun, melainkan hanya bertujuan untuk menjatuhkan kredibilitas dari media tersebut.
- Research Tools
Dengan adanya tim riset yang berfungsi sebagai wadah untuk mengumpulkan riset serta survey pada media sosial, terdapat tools - tools yang kerap digunakan dalam pelaksanaannya, seperti google studio, dan google search console. Hal ini juga bisa dilakukan dengan mencari kata kunci yang sedang ramai ataupun trending di media sosial seperti facebook, dan Instagram. Riset inilah yang kemudian dipakai sebagai acuan dalam menentukan segment pasar yang disukai oleh masyarakat saat ini.
Berdasarkan pemaparan di atas, dapat terlihat seberapa penting pemanfaatan tools dalam memaksimalkan kinerja serta kebutuhan audiens di industri media digital. Seperti yang telah ditegaskan bahwa tools tersebut membantu para praktisi industri media mainstream dalam menghadapi pola pergeseran perilaku khalayak dalam mengonsumsi informasi. Oleh karena itu, pemanfaatan tools berbasis analisis data sudah semestinya menjadi kompetensi umum yang wajib dikuasai oleh praktisi media di Indonesia.
Kalau anda sendiri bagaimana?
Dalam mencari audiens, akan sulit apabila memberitakan hal (topik) yang sama, apalagi harus bersaing dengan media-media besar lainnya. Oleh karena itu, Grid Hits memiliki strategi tersendiri dengan memberitakan suatu berita viral dengan pengambilan sudut pandang yang berbeda dari media lain. Grid Hits akan memberitakan berita viral tersebut dari sisi lain yang mungkin tidak diberitakan media lain, sehingga dapat menarik minat baca masyarakat. - Saeful Imam (Editor GridHits.id)