Lihat ke Halaman Asli

MUHAMAD YUSUPZULKIFLI

mahasiswa dari universitas Pamulang

Pembuatan Sistem Inventory Barang Berbasis Web di PT BRIKS

Diperbarui: 21 Desember 2021   22:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

ABSTRAK

Manajemen Properti dapat di definisikan sebagai tugas sekelompok orang atau organisasi dengan tujuan mengelola harta kekayaan yang terbatas untuk barang berwujud yang dimiliki oleh perorangan atau perusahaan guna mencapai tujuan yang telah di tentukan. Salah satu perusahan yg bergerak di bidang Property management adalah PT. Briks yg terletak di Jl. Kapten Soebijanto No. Lengkong Gudang, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten. 

Pemanfaatan teknologi yang dikembangkan meggunakan website mampu mempermudah proses penyampaian informasi bagi pengguna secara mudah dan cepat yang dapat terkoneksi menggunakan internet. Karena lebih mudah penoperasianya serta sifatnya yang fleksibel menjadi faktor utama dikembangkanya aplikasi sistem informasi inventory stok barang berbasis web untuk mempermudah dalam mencatat segala sesuatu kebuthuhan barang beserta penggunaan barang dan bisa mengeluarkan laporan penggunaan sekaligus data barang yang masuk kedalam perusahaan.

Penelitian ini menghasilkan suatu aplikasi yang dapat mempermudah proses pencatataan stok barang berdasarkan hasil implementasi yang dilakukan. Melihat kondisi ini, penulis tertarik untuk membuat aplikasi inventory stok barang berbasis web. Tujuannya yaitu untuk mempermudah pekerja dalam proses pencatatandata stok barang secara detail.

 A. Latar Belakang

Perkembangan teknologi informasi dengan menggunakan teknologi komputer sebagai alat bantu memudahkan suatu instansi dalam melakukanpengolahan data yang menghasilkan sebuah informasi yang di butuhkan. Pengolahan data yang memanfaatkan tekhnolgi informasi berdasarkan dua aspek utama yakni : bahasa pemograman dan basis data, penggunaan bahasa pemrogaman ini berupa perintah, sintak-sintak ke komputer, sedangkan basis data adalah media penyimpanan ketika dilakukan proses pengolahan data.

Inventory pada suatu perusahaan berhubungan erat dengan kegiatan mengumpulkan data tentang aktivitas dan transaksi keluar masuknya barang suatu perusahaan. Karena inventory begitu penting bagi perusahaan, maka keberadaan suatu sistem inventory yang berbasis teknologi informasi (IT) sangat dibutuhkan untuk mempermudah pencatatan dan pengolahan transaksi dibandingkan dengan cara manual.

Bringin Karya Sejahtera adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang Property Management. Perusahaan mengelola gedung atau unit kerja pihak lain atau perusahaan yang membutuhkan jasa pengelolaan gedung. 

BRIKS sendiri adalah anak Perusaan dari BRI Dapen (Dana Pensiun) yang mendirikan sebuah perusahaan untuk pengelolaan gedung dari perusahaan Bank Rakyat Indonesia (BRI) di seluruh Indonesia. PT. Briks bekerja sama dengan berbagai vendor perusahaan lain seperti PT. Yoga Perkasa Mandiri untuk bidang service unit Gondola, PT. Chemical indo untuk sebagai suplier bahan-bahan chemical pembersih.

Selama ini pemanfaatan tekhnologi informasi untuk pencatatan data barang dan chemical di PT. BRIKS belum di manfaatkan dengan baik. Pengolahan data stok barang masih menggunakan manual book.

B.Metode Penelitian

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline