Lihat ke Halaman Asli

Pembinaan dalam Meningkatkan UMKM Lokal: "Angkringan Mbah Jenggot" melalui Strategi Pemasaran, Keuangan, dan SDM Berbasis Teknologi Digital

Diperbarui: 24 November 2023   11:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Pembinaan dalam Meningkatkan UMKM Lokal: "Angkringan Mbah Jenggot" melalui Strategi Pemasaran, Keuangan, dan SDM Berbasis Teknologi Digital

Madiun, 23 November 2023

Angkringan merupakan UMKM lokal yang telah tersebar dan menjadi ikon kuliner di Indonesia. Biasanya angkringan memiliki berbagai varian makanan, terutama gorengan, sundukan dan makanan berat seperti nasi jotos dan nasi kucing. Harga yang ditawarkan pada angkringan juga sangat relatif murah di kantong pelajar.

Dalam beberapa kasus sering ditemui beberapa kendala dalam manajemen pada internal angkringan sendiri. Masalah pencatatan keuangan yang belum terstruktur, kurangnya promosi, kurangnya branding, banyaknya pesaing, maka dari itu mahasiswa dari Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Madiun berupaya untuk memberikan Pembinaan dalam Meningkatkan dan Memajukan UMKM Lokal: "Angkringan Mbah Jenggot" melalui Strategi Pemasaran, Keuangan, dan SDM Berbasis Teknologi Digital untuk mengatasi kendala tersebut. Angkringan Mbah Jenggot ini terletak di Jalan Kemiri, Taman, Kota Madiun. Angkringan ini sudah berdiri sejak tahun 2011.

Pada saat survey terdapat beberapa kendala yang dihadapi pada UMKM Angkringan Mbah Jenggot ini diantaranya:

1. Tidak terstrukturnya pencatatan laporan keuangan harian ataupun bulanan

3. Pembayaran masih manual

2. Kurangnya promosi

3. Tidak adanya SOP pelayanan

4. Branding produk yang belum optimal serta kurangnya estetika tempat

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline