Lihat ke Halaman Asli

Muhamad Andre Nurdiansah

S1 Ilmu Hukum Universitas Brawijaya

Sosialisasi Pentingnya Kualitas Daging Ayam ASUH dan Penyimpanan Telur di Desa Banjarsari Kabupaten Blitar

Diperbarui: 2 Agustus 2024   14:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosialisasi Kualitas Daging Ayam ASUH dan Penyimpanan Telur Oleh Mahasiswa KKN MMD UB (Dokpri)

Sumber bahan pangan utama yang berasal dari hewani dan memiliki kandungan protein serta diminati oleh masyarakat yaitu telur dan daging ayam. Pemilihan kualitas daging ayam dan telur  yang baik tentunya harus diperhatikan. Dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa, Mahasiswa Membangun Desa Universitas Brawijaya menggelar sosialisasi bersama ibu PKK tentang pentingnya kualitas daging ayam ASUH (Aman, Sehat, Utuh, Halal) dan teknik penyimpanan telur yang baik dan benar. Acara ini diadakan pada Kamis, 11 Juli 2024, di Balai Desa Banjarsari, Kecamatan Selorejo, Kabupaten Blitar.

Daging Ayam ASUH (Aman, Sehat, Utuh, Halal) merupakan produk hasil ternak unggas yang layak untuk dikonsumsi. Dari empat ciri-ciri tersebut tentunya dapat membantu masyarakat untuk dapat memilih produk pangan yang segar sehingga dapat meminimalisir resiko terkena penyakit. Selain itu mahasiswa juga memberikan pelatihan tentang cara penyimpanan telur yang tepat untuk menjaga kualitas dan menghindari kontaminasi. Menunjukkan metode penyimpanan telur yang benar, termasuk menjaga suhu yang tepat dan cara memeriksa kesegaran telur sebelum digunakan dan dikonsumsi.

ASUH mengandung empat pengertian yakni, Aman yaitu bebas dari kontaminasi bahaya baik secara fisik, kimia, maupun biologis. Sehat yaitu daging mengandung zat yang dibutuhkan oleh tubuh dan berguna bagi kesehatan dan pertumbuhan. Utuh yaitu daging berasal dari satu spesies hewan secara keseluruhan dengan kata lain tidak dicampur dengan bagain lain dari hewan yang berbeda spesies dan teriris secara rapi tidak tercabik-cabik. Halal menyangkut cara penyembelihan hewan penghasil daging. Hewan harus mati disembelih dengan tata cara penyembelihan yang benar sesuai dengan kesejahteraan hewan dan aturan agama.

Telur merupakan produk pangan sumber protein asal ternak ayam yang memiliki masa simpan yang tidak terlalu lama atau terbatas. Telur memiliki nilai gizi yang lengkap seperti asam emino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh dan juga mudah dicerna. Cara yang baik dalam menyimpan telur, seperti durasi waktu penyimpanan, suhu penyimpanan, dan kebersihan tempat penyimpanan. Seperti yang kita ketahui, telur ayam merupakan bahan pangan yang bergizi tinggi, bila tidak diimbangi dengan cara penanganan yang baik terutama dalam hal penyimpanan 

Foto Bersama Mahasiswa KKN MMD UB Bersama Ibu PKK Desa Banjarsari (Dokpri)

Kegiatan ini merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk memperkenalkan praktik kesehatan dan keamanan pangan kepada warga desa khususnya kepada ibu PKK. Kualitas yang baik melibatkan aspek keamanan, kesehatan, keutuhan, dan kepatuhan terhadap prinsip halal, semuanya penting untuk memastikan daging ayam dan telur yang dikonsumsi tidak hanya enak tetapi juga aman dan sehat.

Kegiatan ini mendapat sambutan positif dari masyarakat setempat khususnya ibu PKK.

Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat Desa Banjarsari dapat lebih memahami dan menerapkan praktik-praktik baik dalam konsumsi makanan, sehingga dapat meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup mereka.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline