Lihat ke Halaman Asli

Muhamad AlfiMubarok

Mahasiswa, pekerja dan wiraswasta

Seperti Ini Cara Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Balita

Diperbarui: 2 Januari 2022   14:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sejak anak berusia dibawah 3 tahun, mereka cenderung memiliki banyak kosakata dalam berbicara. Agar anak dapat memiliki banyak kosakata, orang tua perlu melatih dengan memberitahu berbagai kata untuk melatihnya berbicara.

Berikut beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan untuk meningkatkan jumlah bahasa pada anak, yang nantinya bisa merangsang anak-anak dalam berbicara.

1. Jelaskan Kata-Kata Dengan Baik

Biasakan berbicara baik dengan anak dengan cara dengan banyak bicara dengan anak. Selalu ulangi kata yang sama sekitar 4 kali dalam satu atau dua detik. Dengan terus mengatakan hal yang sama secara berulang-ulang, ia akan mengingat kata tersebut.

2. AJarkan Bahasa Melalui Cerita dan Selalu Ajukan Berbagai Pertanyaan

Cara hal sederhana lainnya agar si kecil kayak akan bahasa adalah dengan sering ajarkan dia mengungkapkan banyak hal dengan bercerita. Bukan hanya itu, kita bisa memberlakukan dengan benda mati. Tanyakan fungsi benda tersebut, dan berikan banyak pertanyaan pada si keciil agar dia bisa menangkap apa yang kamu tanyakan dan melatih untuk menjawab dengan baik dari setiap pertanyaanmu.

3. Lakukan Hal Sederhana Dengan Positif

Berbahasa bukan hanya memeri perintah atau menyuruh anak. Agar anak dapat meningkatkan kemampuan berbahasa dengan baik, buatlah aktivitas berbicara menjadi hal yang menyenangkan dan positif.

4. Jangan Biasakan Baby Talk

Baby talk tidak akan membuat anak menjadi kaya akan bahasa dan kata, justru ini dapat membuat kemampuannya mundur kebelakang. 

Jika melihat sapi jangan katakan lagi "icu- icu ada moo" tapi bilang "itu ada sapi".

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline